Perbaikan Jalan Ginih-Kinipan Mulai Dikerjakan Tiga Perusahaan Swasta

banner 468x60

Bayu Harisma

Kotawaringin News, Lamandau – Perbaikan akses jalan Desa Ginih-Desa Kinipan kecamatan Batangkawa yang dilakukan tiga perusahaan swasta secara konsorsium dipastikan sudah dimulai. Perbaikan jalan oleh PT. Sawit Mandiri Lestari (SML), PT. Sawit Lamandau Raya (SLR) dan PT. Amprah Mitra Jaya berupa peningkatan jalan itu sudah dimulai sejak 28 Januari 2019.

banner 336x280

“Alhamdulillah proses perbaikan jalan tersebut (Ginih-Kinipan) saat ini sedang berlangsung. Sebagaimana yang direncanakan pengerjaan dimulai pada hari kemarin (Senin, 28 Januari 2019),” kata Bupati Lamandau H Hendra Lesmana, di ruang kerjanya, Selasa (29/1/2019).

Hendra menyebut, perbaikan jalan akses Desa Ginih-Desa Kinipan sepanjang 4 KM itu merupakan slahsatu bentuk kontribusi nyata tiga perusahaan swasta yang ada di Lamandau untuk turut serta dalam membangun daerah. Karena, perbaikan jalan dilakukan dengan cara konsorsium ketiga perusahaan tersebut, tanpa APBD.

Hendra juga menjelaskan, terwujudnya pengerjaan perbaikan jalan di kecamatan Batangkawa oleh tiga perusahaan swasta yang kini berlangsung, berawal dari upaya pemkab Lamandau dalam mencari solusi untuk perbaikan jalan yang kondisinya rusak parah dan tidak fungsional.

Disisi lain, kata Hendra, kondisi anggaran dari APBD Lamandau sendiri saat ini tidak memungkinkan. Sehingga pemkab melalui leading sektornya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Lamandau melakukan koordinasi dengan perusahaan-perusahaan sekitar. Hasilnya, koordinasi itu berbuah kesanggupan perusahaan untuk melakukan perbaikan secara konsorsium.

Berdasarkan laporan yang didapat, Hendra Lesmana juga mengkui bahwa pihak yang bekerja di lapangan sempat mendapati sedikit kendala dalam proses perbaikan jalan tersebut, antara lain penentian titik quari latrit di daerah Desa Kinipan.

“Infonya di Daerah Kinipan ini ada yang punya quari tapi gak bersedia latritnya digunakan, tapi hal itu sudah diatasi dengan dipilihnya titik lain atas petunjuk aparat Desa Ginih. Itu saja. Secara umum, kini pengerjaannya tidak terhambat dan tengah berlangsung,” jelas Hendra.

Selebihnya, Hendra berharap agar perbaikan jalan Ginih-Kinipan itu didukung oleh semua pihak, utamanya masyarakat setempat. Mengingat azas manfaat yang diperoleh dari adanya perbaikan jalan di daerah tersebut nantinya begitu besar.

“Mari kita dukung perbaikan jalan secara gotongroyong ini, mari semua pihak kita berkolaborasi untuk bahu-membahu membangun daerah ini,” harap Hendra.

Diketahui, dalam prakteknya ketiga perusahaan yang mengerjakan perbaikan jalan secara konsorsium itu membagi tugas dan peranannya, ada yang menyiapkan BBM untuk alat berat, ada yang menyiapkan sejumlah unit alat berat dan ada juga yang menyiapkan armada untuk mobilisasi dan operasionalnya.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *