RSUD Sultan Imanudin Menuju Akreditasi

banner 468x60

Bayu

Pangkalan Bun, Kotawaringin News – Rumah Sakit Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, menuju akreditasi. Selama tiga hari kedepan, 21 November 2017 – 24 November 2017, rumah sakit berpelat merah tersebut disurvei akreditasi oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (Kars) Jakarta.

banner 336x280

Ketua Tim Surveyor Komite Akreditasi Rumah Sakit, dr. Deddy Tedjasukmana, SpKFR-K, MARS, MM, MPM mengatakan, pada dasarnya survei akreditasi ini menitikberatkan pada tingkat mutu pelayanan rumah sakit.

Selain itu, tim surveyor juga menilai pemaparan manajerial dari Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Tim surveyor juga menelaah dokumen rekam medik terbuka serta dokumen rekam medik tertutup di RSUD Sultan Imanuddin.

“Terakhir kita akan survei lapangan,” ujar dia dalam sambutannya di acara pembukaan Survei Akreditasi Rumah Sakit Sultan Imanuddin Pangkalan Bun di Hotel Swiss Bel Inn Pangkalan Bun, Selasa (21/11/2017).

Dalam survei akreditasi ini, kata dia, dirinya ditemani oleh dr. Albertus Eka Budi Sutanta, MH.Kes dan Juva Manurung, SKp, MKM. Dia pun mengatakan peran pemerintah dalam mendukung setiap program kesehatan sangatlah penting. Sehingga, hak mendapatkan pelayanan kesehatan bagi setiap masyarakat terpenuhi.

“Sarana dan prasarana serta SDM harus sesuai standar pelayanan. Standar medis harus terpenuh,” jelasnya.

Senada, Bupati Kotawaringin Barat, Hj Nurhidayah, saat ini RSUD Sultan Imanuddin menjadi rimah sakit rujukan regional. Artinya, rumah sakit di beberapa kabupaten di wilayah Kalimantan Tengah, bisa merujuk pasien untuk berobat ke RSUD Sultan Imanuddin.

“Jadi sekarang gak usah merujuk hingga ke Jawa. Cukup di RSUD Sultan Imanuddin. Di sini fasilitannya sudah cukup lengkap, sama seperti di Jawa,” imbuhnya.

Saat ini, lanjut dia, pemerintah sudah mengcover masyarakat kurang mampu dalam Jaminan Kesehatan Nasional. Bahkan, JKN tersebut bakal bermetamorfosis untuk mengakomodir seluruh masyarakat.

“Jadi programnya di 2019, semua tercover JKN. Tak hanya masyarakat kurang mampu, yang mampu juga tercover dalam JKN,” tegasnya.

Dia berharap, survei akreditasi di RSUD Sultan Imanuddin ini berjalan dengan lancar. Sehingga, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun ini berketetapan terakreditasi dari Komite Akreditasi Rumah Sakit Jakarta. (KNews-1)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *