Hebat? Karantina Hewan Terbesar se-Indonesia Beroperasi di Kabupaten Kotawaringin Barat

banner 468x60

Romy

Pangkalan Bun, KNews – Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) cukup berbangga, kali ini bumi Marunting Batu Aji kembali dikenal dengan berdirinya karantina hewan. Tak tanggung-tanggung, karantina hewan yang dibanggakan itu diklaim terbesar se-Indonesia yang telah beroperasi.

banner 336x280

Menurut Kepala Karantina Pertanian, Banun Harpini, ada beberapa instalasi karantina hewan yang dibangun, di beberapa daerah di Indonesia seperti di Jayapura, Balikpapan.

Totalnya ada tujuh instalasi yang sudah dibangun dan yang pertama hanya di Desa Kapitan, Kabupaten Kobar saja yang terbesar dan sudah beroperasi,” kata Banun Harpini yang pertama kali berkunjung ke Kobar untuk mengecek karantina hewan, Jumat (3/11/2017).

Menurutnya, memang di Balikpapan, Kalimantan Timue juga ada yang besar, tetapi masih dalam tahap penyelesaian sehingga masih belum bisa digunakan.

“Hanya karantina di Pangkalan Bun saja yang bisa dipakai,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kenapa harus Kabupaten Kotawaringin Barat yang sudah beroperasi bahkan yang terbesar, itu disebabkan karena wilayah Kotawaringin Barat sudah ada integrasi sapi-sawit.

“Juga mempunyai lahan perkebunan yang cukup luas,” tuturnya.

Anggota DPR RI Komisi IV, Hamdani mengatakan, karantina ini banyak fungsinya untuk menangkal penyakit-penyakit yang masuk melalui daerah-daerah rawan.

“Jadi tiap sapi yang masuk harus melalui proses karantina, jangan sampai penyakit-penyakit yang dibawa hewan dari berbagai negara masuk ke wilayah kita menyebar. Apabila sapi melalui karantina nilai ekonomisnya pun pasti bagus,” tukasnya. (KNews-3)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *