Hamdhani Serahkan Alsintan untuk Petani Kobar

banner 468x60

PANGKALAN BUN, KNews – Kepedulian Anggota DPR RI Hamdhani terhadap pertanian di wilayah Kalimantan Tengah, sungguh besar. Terakhir, Selasa (15/8/2017), Anggota Komisi IV DPR RI tersebut menyerahkan berbagai alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Penyerahan tersebut dihadiri oleh Bupati Kobar, Nurhidayah, Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol Inf Wisnu Kurniawan, Danlanud Iskandar Pangkalan Bun, Letkol Pnb Ade Fitra, sejumlah tamu undangan serta para kelompok tani yang menerima bantuan alsintan di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Kotawaringin Barat.

banner 336x280

Hamdhani mengatakan, sebagai Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Kalteng, ia mengapresiasi pemerintah daerah atas komunikasi yang baik dengan pemerintah pusat terkait pertanian. Bantuan alsintan ini juga sudah kesekiankalinya dilaksanakan di 14 Kabupaten / Kota di Kalimantan Tengah.

“Ini wujud aspirasi kami sebagai DPR RI, sesuai dengan nawacita. Indonesia tidak lagi impor produk tanaman organik seperti beras dan jenis-jenia holtikultura dari negara lain.”

Anggota DPR RI H Hamdhani SIP MSos tengah berfoto bersama dengan para petani penerima bantuan alsintan di Kabupaten Kotawaringin Barat, Selasa (15/8/2017). Cecep Herdi

Ia mengharapkan setiap kelompok tani bisa memanfaatkan alsintan dengan baik dan jangan hanya disimpan di rumah. Pasalnya, alat-alat ini harganya cukup mahal, sehingga akan mubazir jika tidak digunakan.

“Nanti juga akan disediakan bengkel berjalan untuk perbaikan alsintan, seperti yang sudah dilakukan di Palembang,” imbuhnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kobar, Kamaluddin mengatakan, harga alsintan yang masih mahal, maka pemerintah membantu dengan menyerahkan bantuan ini. Bantuan ini merupakan perjuangan dari Anggota Komisi IV DPR RI, Hamdhani untuk peningkatan sektor pertanian dan tanaman pangan.

Ia menjelaskan, bantuan alsintan berupa empat unit traktor roda empat, sembilan traktor roda dua, lima pompa air, lima konseler pemipil jagung dan satu combain harvester kecil. Dengan tujuan utama mempersingkat waktu tanam.

“Alsintan ini juga merupakan upaya peningkatan di sektor pertanian, khususnya di Bumi Marunting Batu Aji,” katanya.

Bupati Kobar, Nurhidayah menuturkan, prioritas pembangunan nasional masih berkutat pada tanaman padi, jagung dan kedelai (pajale). Harapan meningkatkan produksi pertanian, yang mana salah satu upayanya adalah dengan menyediakan alsintan.

“Dengan adanya alsintan ini kami mengharapakan bisa digunakan sebagaimana fungsinya,” pintanya. (Cal/BH)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *