PT BGB Membantu Upaya Pemadaman Kebakaran di Kilometer 13 Kolam-Pangkalan Bun

banner 468x60

Bayu Harisma

Pangkalan Bun, Kotawaringin News – Komitmen PT Bumitama Gunajaya Abadi (BGB) BGA Group untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan, terbukti. Selain tidak melakukan aksi pembakaran dalam membuka lahan, PT BGB pun ikut serta dalam menekan bencana asap atas kebakaran hutan dan lahan. Terbaru, perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit tersebut ikut membantu pemadaman kebakaran lahan di kilometer 13 ruas Jalan Kotawaringin Lama-Pangkalan Bun.

banner 336x280

“Sudah dari dulu PT BGB Wilayah V Regional III selalu berperan aktif dalam menanggulangi karhutla di wilayah Kotawaringin Lama,” ujar Asisten Sustanability PT BGB Wilayah V Regional III, Prasetya Wibowo, Senin (19/2/2018).

Dia menjelaskan, kebakaran di kilometer 13 ruas Jalan Kotawaringin Lama-Pangkalan Bun telah terjadi sejak Sabtu (17/02/2018), sekitar pukul 15.00 WIB. Setelah mendapatkan kabar kebakaran tersebut, PT BGB langsung bergerak ke lokasi kejadian kebakaran untuk membantu memadamkan api. “Damkar PT.BGB kita berangkatkan, akan tetapi unit damkar kita tidak bisa sampai ke lokasi karena terkendala portal yang ada di jembatan. Setelah konfirmasi dengan pemerintah setempat portalnya di las mati dan kalau mau buka harus ada musyawarah dulu dengan pihak-pihak terkait. Karena itu kita bantu pemadaman dengan satu mesin pompa portable, satu regu tim damkar yang berjumlah 15 orang, 16 selang gabang 480 meter, 6 HT sebagai alat komunikasi karena susah signal dan sarana prasarana pendukung serta perlengkapan tim pemadam. Titik api dari jalan kurang lebih 350 meter,” ungkap dia.

Sebelum-sebelumnya, lanjut dia, PT BGB juga melakukan antisipasi kebakaran hutan dan lahan. Antara lain, pengadaan 10 unit pemadam, pengadaan 24 unit mesin pompa portable, membentuk 10 tim inti regu pemadam, melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar larangan membakar hutan dan lahan, serta pembentukan Tim Kelompok Tani Peduli Api. “Salah satunya tim tersebut di Desa Rungun dan Sakabulin. Selain itu kita juga sudah melaksanakan apel siaga karhutla bersama polsek dan koramil serta membuat posko siaga karhutla di PT BGB dan setiap harinya ada patroli bersama anatara PT BGB ,Polsek dan koramil.” (KNews-1)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *