Polres Kobar Siap Antisipasi Aksi Teror di Hari Raya Idul Adha

banner 468x60

Pangkalan Bun, KNews – Untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas serta antisipasi aksi teror selama Idul Adha 2017, Polres Kotawaringin Barat (Kobar) gelar apel pasukan. Apel dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Adha 2017 itu dipimpin langsung oleh Kapolres Kobar AKBP Pria Premos, Kamis (31/8/2017).

“Hari Jumat tanggal 1 September 2017, umat muslim se-Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Adha, dengan demikian tentunya diperlukan kesiapan petugas Polres Kobar beserta jajaran dan instansi terkait untuk bersinergi dalam mengamankan wilayah yang dianggap menjadi ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat,” tegas Kapolres Kobar, AKBP Pria Premos, dalam amanatnya.

banner 336x280

Nuansa Idul Adha berbeda dengan Idul Fitri, namun di wilayah hukum Polres Kobar sendiri memiliki beberapa objek wisata yang ramai dan padat untuk dikunjungi wisatawan lokal. Yakni, kawasan Pantai Bogam Raya yang dapat menimbulkan potensi kerawanan, kejahatan konvensional maupun kemacetan. “Peningkatan aktivitas masyarakat harus dikelola dengan baik agar tidak menjadi permasalahan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, baik waktu menjelang pada saat maupun setelah Hari Raya Idul Adha,” jelas AKBP Premos.

Selain itu, potensi gangguan kamtibmas yang perlu diantisipasi lainnya antara lain, curat, curas dan curanmor, aksi intoleransi beragama, terorisme serta sabotase. Untuk antisipasinya, dibutuhkan kerja sama sehingga potensi kerawanan dapat di minimalisir.

“Dukungan intelijen dilapangan harus mampu mendeteksi kerawanan, pengaturan lalu lintas dan kelancaran serta pengamanan objek vital harus tepat guna sehingga efektif dalam melakukan pengamanan,” ucapnya.

Kapolres Kobar juga mengingatkan agar pengamanan dilakukan secara humanis, namun tetap tegas dalam penegakan hukum. Oleh karena itu, kesiapan personil, sarana dan prasarana serta kelengkapan perorangan harus disiapkan dengan baik, sehingga kesigapan dalam melayani masyarakat dapat dirasakan langsung, dan membuat warga tenang dan nyaman. (RO Humas Polres Kobar/BH)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *