Menu

Pemkab Lamandau Siapkan Rp15 Miliar untuk Tanggulangi Corona

Kotawaringin News, Lamandau – Pemerintah kabupaten Lamandau betul-betul serius dalam upaya melakukan penanggulangan Covid-19. Hal itu ditandai dengan telah disiapkannya anggaran yang angkanya hampir mencapai Rp15 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Lamandau 2020.

“Anggaran yang telah disiapkan untuk penaggulangan covid-19 ini sekitar 15 milyar rupiah, tepatnya 14,919 milyar rupiah,” ungkap kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) kabupaten Lamandau, Muhammad Irwansyah, Jumat 10 April 2020.

Dana yang hampir mencapai 15 milyar itu disiapkan khusus guna mempercepat penanganan covid-19 yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi daerah, baik yang terkait isu-isu kesehatan maupun isu-isu ekonomi.

“Anggaran yang disiapkan ini bersumber dari refocusing kegiatan OPD (organisasi perngkat daerah) dan realokasi anggaran perjalanan dinas luar daerah, serta dari dana tak terduga,” jelasnya.

Irwan memastikan, anggaran yang telah disiapkan pemkab Lamandau itu telah dilaporkan ke Mentri Dalam Negeri RI, sehingga pemkab Lamandau dipastikan tidak akan terkena rasionalisasi dana transfer atau penalti karena telah melaporkannya tepat waktu.

“Sesuai dengan Intruksi Mendagri Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Lingkungan Pemerintah Daerah, pemkab harus melaporkan tentang refocusing dan realokasi anggaran APBD untuk penaggulangan covid-19 paling lambat tanggal 9 April 2020. Karena kita (pemkab Lamandah) sudah melaporkannya sebelum batas waktu maka kita aman dari rasionalisasi dana transfer itu,” jelas Irwan.

Seperti diketahui, berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2020, pemerintah daerah diminta untuk merealokasi anggaran APBD yang diarahkan kepada tiga hal, meliputi peningkatan kapasitas kesehatan dalam penanganan virus corona. memberikan perlindungan dan proteksi kepada masyarakat yang terdampak akibat pandemi virus corona terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta memberikan jaminan jaring pengaman sosial. (BH/K2)

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook