Cahaya Obor Terangi Malam di Kumai

banner 468x60

Kumai, KNews – Malam itu, Rabu (20/9/2017), sepanjang jalan utama menuju Pelabuhan Panglima Utar Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, diterangi cahaya obor. Anak-anak, pemuda, pemudi hingga orang tua berjalan rapi beriringan sambil membawa obor. Lantunan doa pun terucap dari bibir setiap orang yang mengikuti pawai tersebut.

Ya, pawai obor
Tradisi Pawai Obor tersebut diciptakan sebagai tanda menyambut tahun baru Hijriah. Malam itu, memasuki tanggal 1 Muharam 1439 Hijriah.

banner 336x280

Tradisi pawai obor di Kumai mulai berlangsung sekira tahun 1970. Pawai itu sebagai ungkapan rasa syukur warga atas nikmat umur yang diberikan sang pencipta. Masyarakat bersyukur telah diberi kesempatan umur di tahun baru hijriah.

 

(Foto: Siaga Aktif Kapitan)

 

Pawai itu dimulai dari Bundaran Monyet. Peserta pawai berjalan di jalan utama Kumai hingga SPBU Kumai. Mereka berputar arah kembali ke Bundaran Monyet. Di tengah perjalanan balik, para peserta pawai singgah di halaman rumah Kepala Desa Sungai Kapitan, Mulkan.

“Ya. Saat pawai obor itu, kita juga berdoa agar tetap diberi keselamatan di dunia dan akhirat,” ujar salah seorang Ustadz di Kumai, Ali Mahfuz, Rabu malam (20/9/2017).

Menurut dia, pawai obor ini harus tetap diselenggarakan setiap pergantian tahun baru hijriah. Tradisi yang positif ini, dapat membentuk karakter generasi muda.

“Tingkat keimanan dan ketakwaan masyarakat, khususnya generasi muda di Kumai menjadi meningkat. Ini sebenarnya salah satu cara untuk membentengi generasi muda dari hal-hal negatif.” imbuhnya.

 

(Foto: Siaga Aktif Kapitan)

 

Senada, Kades Sungai Kapitan, Mulkan mengatakan, pawai obor ini berlangsung 3 malam berturut-turut di awal Muharam.

“Puncaknya nanti di malam ketiga di Bulan Muharam.” ujarnya.

Mulkan berharap, waganya bisa mengambil hikmah dari pawai obor ini. Selain jadi ajang silaturahmi warga, pawai obor ini diharapkan dapat meingkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. (BH/KNews-3)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *