oleh

Bupati Kobar Hadiri Acara Peringatan Peristiwa Pertempuran 14 Januari

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah, Menghadiri kegiatan Apel Peringatan Peristiwa Pertempuran 14 Januari 1946 di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Jumat 14 Januari 2021, di Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

Dalam kegiatan ini Bupati Hj Nurhidayah di dampingi oleh Ketua DPRD Kobar Rusdi Ghozali, Wakil Ketua II DPRD Bambang Suherman, Sekda Kobar Suyanto, di hadiri juga oleh Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah, Kasdim Kodim 1014/pbn Mayor Inf Edy Sucipto, Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Nav Rudy Kurniawan, Danpos TNI AL Kumai Letda Laut (P) Muhammad Soleh Rio Kusuma, serta tamu undangan lainnya.

14 Januari ini merupakan kegiatan yang setiap tahun nya dilaksanakan peringatan peristiwa pertempuran yang terjadi pada 14 Januari 1946, yang mana perjuangan masyarakat Kumai melawan 6 kapal perang milik militer Belanda yang bersenjata lengkap, memang mustahil kita menang, tetapi dengan semangat para pejuang kita dan semboyan yang mereka miliki, masyarakat akhirnya bisa mengusir 6 kapal perang milik Belanda.

Dalam hal ini Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan, 14 Januari merupakan hari bersejarah bagi Kabupaten Kotawaringin Barat, karena tepat pada tanggal 14 Januari 1946 para pejuang kita berjuang melawan penjajah.

“Jadi kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang selalu kita laksanakan setiap tahun nya, kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka memperingat para pejuang kita pada tahun 1946 lalu, memang perayaan tahun ini berbeda dari perayaan sebelum nya karena pandemi Covid-19, tetapi ini tidak menghilangkan makna dari sejarah sebagai penerus pejuang kita,” ungkap Bupati.

Hj Nurhidayah menambahkan, dalam kegiatan ini tidak hanya melakukan apel, tabur bunga dan acara syukuran saja, tetapi juga di isi dengan kegiatan olahraga seperti, lomba Volly putra Putri, badminton, dan untuk membangkitkan UMKM di masa pandemi mereka juga melaksanakan kegiatan begoyap (pasar malam), dan juga kegiatan jalan santai pada hari Sabtu 15 Januari 2022. (Risa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed