oleh

Hadiri Upacara Peringatan Pertempuran 14 Januari Kumai, Kasdim: Jangan Lupakan Sejarah

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Kepala Staf Kodim ( Kasdim) 1014 /Pbn menghadiri acara peringatan peristiwa pertempuran di Kumai, yang diperingati setiap tanggal 14 Januari. Peristiwa pertempuran Kumai ini terjadi saat mempertahankan kemerdekaan RI, 14 Januari 1949 silam. Kisah ini menjadi salah satu bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia, dalam mempertahankan kemerdekaannya.

Acara peringatan di tahun 2022 ini dilaksanakan di Pelabuhan Panglima Utar, Jl Abdul Azis Kelurahan Kumai Kecamatan Kumai Kab.Kotawaringin Barat dan dihadiri oleh Bupati kobar Hj.Nurhidayah SH.MH, Dandim 1014/Pbn yang di wakili kasdim 1014/pbn Mayor Inf Edy Sucipto, Forkopimda Kobar, SOPD kab kobar, Danramil kumai Kapt Ard Zubaidi, Danpos AL letda Rio, Kapolsek kumai Iptu rahis, Camat kumai Bpk Abdul Gofur, Tokoh agama, tokoh pemuda,tokoh adat dan tokoh masyarakat, Jum’at (14/01/2022). Kegiatan dilaksanakan dengan sederhana, namun penuh khidmat. Tidak hanya itu, peringatan juga dirangkai penyaluran tali asih kepada para ahli waris para pejuang 14 Januari.

Ditemui disela acara, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1014 /Pbn Mayor Inf Edy Sucipto mengungkapakan bahwa, kita sebagai generasi penerus untuk tidak melupakan peristiwa bersejarah tersebut. Dimana, para pejuang kemerdekaan mempertaruhkan segenap jiwa dan raganya demi menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah.

Pada 14 Januari tahun 1946 ribuan warga Kumai dengan gigihnya mengusir tentara Belanda yang ingin kembali menjajah melalui laut dan masuk ke Daerah Aliran Sungai (DAS)di kawasan Kumai yang sekarang menjadi Kecamatan.

Tak diragukan, dengan perjuangan dan kegigihan warga Kumai, Tentara Belanda berhasil diusir dan porak poranda oleh pasukan rakyat yang dipimpin oleh Panglima Utar. ” Demikian sejarah singkat perjuangan rakyat Kumai dalam mengusir tentara Belanda pada 14 Januari 1946, “Ungkap Kasdim.

Acara dilanjutkan dengan Do’a bersama, penaburan bunga ke Sungai Kumai oleh Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah S.H MH diikuti oleh para tamu undangan dan penyerahan bantuan sosial dari Kodim 1014 /Pbn sebanyak 30 paket yang diserahkan oleh Kasdim 1014 /Pbn Mayor Inf Edy Sucipto kepada keluarga para pejuang Veteran. (Yusbob)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed