oleh

Bupati Kobar Berharap Lomba Perahu Ketinting Menjadi Agenda Pariwisata Kobar

Kotawaringin News, Pangkalan Bun – Indonesia memiliki banyak sekali tradisi unik di tiap-tiap daerah. Salah satunya, di Provinsi Kalimantan Tengah ada sebuah ajang perlombaan yang diberi nama Lomba Perahu Ketinting.

Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj. Nurhidayah, S.H.,M.H. menutup secara resmi lomba perahu ketinting yang digelar di desa Penyombaan kecamatan Arut Utara. Perlombaan ini baru pertama kali digelar oleh Karang Taruna desa dalam rangka peringatan hari sumpah pemuda ke-92. Digelar sejak tanggal 3 November 2020, lomba diikuti oleh 40 peserta yang dibagi di dua kelas yaitu kelas I antara 6-9 Hp (horse power) dan kelas II yaitu 10-25 Hp. Keunikan lomba ini menjadi perhatian masyarakat baik dari desa Penyombaan maupun desa-desa lainnya di wilayah kecamatan Arut Utara.

Hj. Nurhidayah memberikan apresiasi dan penghargaannya atas penyelenggaraan lomba ini yang merupakan tradisi dan budaya asli, khususnya bagi masyarakat Kobar yang tinggal di sekitar aliran sungai. “Saya berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan dipertahankan sebagai ciri khas daerah kita,” kata Hj. Nurhidayah. Hj. Nurhidayah juga menginginkan kedepan lomba perahu ketinting dapat masuk kedalam agenda pariwisata Kobar. “Lomba ini mampu berperan sebagai wadah memperkenalkan potensi wisata yang ada di kecamatan Arut Utara,” tambahnya.

Dalam momentum peringatan hari sumpah pemuda Hj. Nurhidayah juga mendorong semangat para pemuda untuk terus berpartisipasi dan mendukung setiap kebijakan pembangunan di Kotawaringin Barat. “Para pemuda harus terus terlibat aktif menjadi bagian pembangunan kabupaten Kotawaringin Barat,”ungkap Hj. Nurhidayah menutup sambutannya. (Adi/Ir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed