Menu

Waspada, ODP Covid-19 di Lamandau Bertambah Jadi 21 Orang

Kotawaringin News, Lamandau – Wabah Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia kian merebak. Data terbaru, di Kalimantan Tengah (Kalteng) tercatat sudah ada 5 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Lamandau, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau mengimbau kepada masyarakat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjaga jarak fisik (Physical Distancing) serta rutin mencuci tangan menggunakan sabun.

Bahkan, bagi warga yang baru datang dari daerah lain, khususnya daerah-daerah yang terpapar Covid-19, agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.

Berdasarkan Update dari Gugus Tugas Covid-19 Kalteng, ada sebanyak 346 warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 31 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Diketahui, jumlah ODP di Kalteng itu tersebar di seluruh Kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Lamandau, yakni sebanyak 21 orang.

Saat dikonfirmasi, Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, mengakui jika di Kabupaten Lamandau terjadi peningkatan jumlah ODP, dari yang sebelumnya hanya 7 orang kini bertambah menjadi 21 orang.

“Iya, memang terjadi penambahan jumlah PDP. Penambahan ini terjadi karena adanya pelajar atau mahasiswa dari luar daerah yang pulang atau kembali ke Lamandau. Mereka pulang karena aktivitas belajar mengajar atau perkuliahan saat ini juga diliburkan,” ungkapnya, Jum’at (27/3) malam.

Kita harapkan, lanjut dia, warga yang baru datang ini minimal bisa melakukan isolasi diri secara mandiri.

Terpisah, Camat Bulik, H Abdul Kohar, mengatakan bahwa pihaknya telah membuat surat edaran agar pemerintah desa/kelurahan bisa turut serta melakukan pemantauan terhadap warganya masing-masing, utamanya warga yang berstatus ODP.

“Kemudian, kita juga menyarankan agar warga yang baru datang dari daerah terpapar Covid-19 untuk mengisi data diri. Tujuannya adalah untuk memudahkan pemantauan terhadap yang bersangkutan,” ucapnya.

Sehingga, imbuh dia, misalnya saja yang bersangkutan sakit dan menunjukkan gejala seperti deman, batuk dan sakit tenggorokan, bisa segera diambil tindakan. (BH/K2)

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook