Polsek Sumber Barito Gecarkan Sosialisasi Karhutla

banner 468x60

Kotawaringin News, Polres Murung Raya – Bhabinkamtibmas Polsek Sumber Barito Polres Murung Raya (Mura) Polda Kalteng melaksanakan sosialisasi Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di Desa Teluk Jolo, Kec. Sumber Barito, Kab. Murung Raya, Selasa (15/09/2020) pukul 10.00 WIB.

Kapolsek Sumber Barito Ipda Subarjo mengatakan dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, Bhabinkamtibmas gencarkan sosialisasi Karhutla di pemukiman penduduk di wilayah masing-masing.

banner 336x280

“Masyarakat dihimbau agar tidak membakar sembarangan karena saat ini sudah terasa kurangnya intensitas hujan memasuki musim kemarau dalam beberapa pekan, sehingga rentan terjadi bencana kebakaran. Terlebih kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dapat menjadi isu Nasional,” kata Ipda Subarjo.

Ia menambahkan, membakar lahan dan hutan yang berpotensi bisa menyebabkan dampak kebakaran yang lebih luas, dampak lain juga bisa menyebakan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) bagi masyarakat.

“Oleh sebab itu, Imbauan ini setiap hari dilakukan para personel Bhabinkamtibmas di setiap desa atau kampung binaannya,” tambahnya.

Selain itu, Bhabinkamtibmas juga akan memberikan Edukasi dan mengharapkan kepada masyarakat akan sadar bahwa dalam melakukan pembakaran hutan dan lahan ada hukum dan sanksi pidananya.

“Hal tersebut dapat diancam hukuman penjara, maka jangan sampai melakukan hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain,” tegasnya. (van/den/K3)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *