Menu

Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada Kalteng Mulai Dilakukan Maret 2020

Bayu Harisma

Kotawaringin News, Lamandau – Provinsi Kalimantan Tengah menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang pada tahun 2020 akan menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Saat ini, seluruh Komisi Pemilihan Umum atau KPU di Kalteng termasuk KPU Kabupaten Lamandau juga tengah melaksanakan beberapa tahapan penyelenggaraan Pilgub Kalteng tahun 2020.

“Dalam tahap persiapan seperti saat ini, KPU Lamandau juga telah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang waktu pemungutan suara Pilkada serentak,” ungkap Ketua KPU Lamandau, Irwansyah, Rabu 13 November 2019.

Irwan menyebut, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum atau PKPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020, pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020.

“Ketika nantinya ada pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang maju dari jalur perseorangan, kita di daerah nanti yang akan melakukan verifikasi lapangan terhadap syarat dukungannya,” sebut dia.

Sementara, adapun waktu pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada serentak tahun 2020, berdasarkan PKPU nomor 15 tahun 2019, pemutakhiran data pemilih akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020.

Selebihnya, Irwan juga mengapresiasi kedewasaan berpolitik masyarakat Lamandau yang tercermin dari suksesnya penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019 lalu. Menurutnya, suksesnya Pemilu serentak 2019 lalu khususnya di kabupaten Lamandau juga tidak terlepas dari peran serta semua pihak.

“Terima kasih atas peran serta semua pihak di kabupaten Lamandau dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2019 lalu. Mari kita sambut dan sukseskan kembali Pilgub Kalteng tahun 2020 mendatang,” tukas Irwan.

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Ikuti Kami Di Facebook