Menu

Pemkab Lamandau Gelar Olimpiade Kebangsaan 

Kotawaringin News, Lamandau – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melalui Dinas Sosial (Dinsos) setempat, Rabu (11/3/2020) menggelar olimpiade kebangsaan tingkat SMA sederajat.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana itu bertujuan untuk memperkuat karakter, jati diri dan memelihara nilai-nilai patriotisme khususnya para generasi muda.

Dalam sambutannya, Bupati Hendra mengatakan, bahwa belakangan ini kesadaran sebagian masyarakat akan nilai-nilai patriotisme, jati diri, harkat dan martabat sebagai bangsa cenderung memudar.

“Hal itu sebagai salah satu akibat dari kuatnya terpaan arus modernisasi dan globalisasi. Untuk itu, perlu diadakan berbagai upaya untuk menanggulanginya, salah satunya dengan olimpiade kebangsaan,” ungkapnya, sesaat sebelum membuka kegiatan olimpiade kebangsaan di aula BKD.

Dirinya menyebut, Pemkab Lamandau terus berupaya menanamkan kepada generasi muda khususnya pelajar SMA/ sederajat mengenai makna kebangsaan. Sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Bangsa kita, telah mengalami degradasi rasa, jiwa dan semangat kebangsaan. Hal ini terlihat dari semakin menipisnya kesadaran dan kurang dihayatinya tata kehidupan yang didasarkan pada nilai-nilai ideologi Pancasila dan konstitusi,” terangnya.

Karenanya, imbuh dia, dengan upaya mengangkat kembali nilai-nilai kebangsaan melalui kegiatan semacam ini, diharapkan bangsa Indonesia tetap menjaga keutuhan dan mampu menegakkan NKRI ditengah terpaan arus globalisasi yang bersifat multidimensial.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati menitipkan peaan untuk para generasi penerus bangsa yang ada di Kabupaten Lamandau, agar melakukan aksi nyata untuk memperkuat NKRI.

“Misalnya, menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak anarkis dan merugikan orang lain serta tidak menyebarkan hoax,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinsos Lamandau, Hj Endang Rustiningsih, mengatakan bahwa Olimpiade kebangsaan tingkat Kabupaten Lamandau ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan dan rasa kebangsaan kepada generasi muda.

“Sekaligus juga untuk menciptakan generasi muda khususnya pelajar agar memiliki kreativitas, tangguh dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi,” ujarnya.

Diketahui, olimpiade kebanggaan tersebut diikuti oleh 8 regu yang merupakan perwakilan dari sekolah SMA/sederajat se-Kabupaten Lamandau. Dan, regu yang menjadi juara akan mewakili Lamandau di ajang serupa pada tingkat Provinsi Kalteng. (BH/K2)

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook