oleh

Ini Cara Pengen Daftar Program Kejar Paket

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Bagi masyarakat Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah yang sempat putus sekolah, namun ingin kembali melanjutkan pendidikan, Pemerintah Kotawaringin Barat kini membuka pendaftaran secara gratis, Kamis (17/6/2021).

Caranya mudah, warga tinggal mengunjungi halaman wesbite www.siaptara.kotawaringinbarat.go.id, kemudian klik daftar sesuai dengan program kesetaraan yang akan diikuti yakni Paket A (SD), B (SMP) dan paket C (SMA).

Setelah itu, warga tinggal mengisi biodata sesuai dengan identitas dan memilih lokasi pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) sebagai tempat belajar.

Terdapat 9 PKBM yang tersedia, mulai dari PKBM Sabilur Rosyad, PKBM Putera Perantau, PKBM Ar Raudhah, PKBM Bina Warga, PKBM Enter, SKB Kotawaringin Barat, PKBM Nidaul Fitrah, PKBM Permata dan PKBM Wicaksana.

Dalam website itu juga jelas dicantumkan alamat masing-masing PKBM, sehingga bisa disesuaikan dengan tempat tinggal masing-masing.

Setelah seleasai mendaftar, maka secara otomatis akan terdaftar sebagai calon siswa.

“Makanya kita coba sosialisasikan melalui Camat, Lurah, Kades supaya ini disampaikan kepada masyarakat. Saya yakin banyak masyarakat yang dulu sempat putus sekolah tertarik mengikuti program ini,” kata Rustam Effendi,

Program ini bisa diikuti secara gratis dan oleh siapapun tanpa batasan usia. Bahkan  diberikan bantuan biaya operasional pendidikan. Untuk paket A Rp. 1,3 juta, Paket B Rp. 1,5 juta dan Paket C Rp. 1,8 juta rupiah terutama bagi warga yang berusia 7 sampai 21 tahun.

“Intinya program wajib belajar 12 tahun itukam dari SD, SMP sampai SMA kan 7 sampai 21 tahun. Tapi kalo untuk pendidikan kesetaraannya tidak ada batasan usia,” imbuh Kabid PAUD dan Pnf Dikbud Kobar, Rahmad Trisdjianto. (Yusbob)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed