Menu

H Sugiyarto Praktikan Tata Cara Cuci Tangan ke Masyarakat Lamandau

Kotawaringin News, Lamandau – Penyebaran Covid-19 atau Virus Corona menjadi perhatian banyak orang, termasuk di Kabupaten Lamandau. Mewabahnya Covid-19 ini pun menjadi perhatian bagi Anggota DPRD Kalimantan Tengah, H Sugiyarto asal kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba ini.

Dia pun menyarankan langkah perlindungan dasar terhadap virus corona, yakni mencuci tangan. Langkah ini disarankan karena mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh akan membunuh virus yang mungkin ada di tangan.

“Cuci tangan merupakan langkah mudah dan aman untuk melindungi diri dari virus corona, tetapi tidak banyak yang tahu bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Selain di sini (Desa Sumber Mulya) kita juga mempraktikan di semua eks trans (Satuan Permukiman atau SP) Sematu Jaya kemarin dan hari ini di wilayah trans E Bulik (Satu Kesatuan Permukiman atau SKP E Bulik),” ungkap dia saat dibincangi wartawan sebelum memperaktikan tata cara mencuci tangan kepada sejumlah warga Desa Sumber Mulya Kecamatan Bulik di Masjid Baitul Muslim, Jumat 27 Maret 2020.

Berikut tata cara mencuci tangan yang dipraktikan Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, H Sugiyanto kepada masyarakat di Kabupaten Lamandau :

  1. Basahi tangan dengan air.
  2. Tuang sabun pada tangan secukupnya untuk menutupi semua permukaan tangan.
  3. Gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya.
  4. Gosok punggung tangan dan sela jari.
  5. Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan.
  6. Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar.
  7. Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun.
  8. Gosok tangan yang bersabun dengan air mengalir.
  9. Keringkan tangan dengan lap sekali pakai/tisu

H Sugiyarto pun mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap Covid-19. Meski di Lamandau negatif Covid-19, masyarakat diharapkan selalu menjalankan prilaku hidup bersih dan sehat serta social distancing. Apalagi, berdasarkan data terakhir, Kalimantan Tengah sudah 5 orang yang terinveksi covid-19 ini. “Ini kita berhadapan dengan musuh yang tidak terlihat, jadi selalu waspada dan selalu berprilaku hidup bersih dan sehat, salahsatunya dengan mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh,” pungkas Mantan Wakil Bupati Lamandau 2 Periode tersebut. (BH/K2)

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Seminar Beladiri Muslimah

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook