Deklarasi Pemilu 2020 Damai dan Kepatuhan Prokes Covid- 19 di Lamandau

banner 468x60

Kotawaringin News, Lamandau – Polres Lamandau bersama seluruh lembaga dan organisasi yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2020 melaksanakan kegiatan deklarasi Pemilu damai dan kepatuhan protokol kesehatan di Bundaran Rusa Nanga Bulik, Kamis (9/9/ 2020).

Pembacaan deklarasi Pemilu damai di Kabupaten Lamandau dipimpin langsung oleh Kapolres Lamandau, AKBP Titis Bangun HP dan diikuti oleh perwakilan pemerintah daerah serta lembaga dan organisasi baik selaku penyelenggara maupun pihak pembantu pelaksanaan Pemilu serentak 2020.

banner 336x280

“Menjadi tanggungjawab kita bersama dan masyarakat untuk memastikan pelaksanaan Pemilu serentak 2020 di Lamandau berjalan aman, lancar dan damai,” ungkap Titis Bangun HP saat dijumpai wartawan setelah pelaksanaan kegiatan.

Dirinya menambahkan, penyelenggaraan pemilu pada situasi pandemi Covid-19 menjadi perhatian semua pihak agar dapat terlaksana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Tahapan-tahapan Pemilu saat ini berjalan dengan lancar, semoga saja Pemilu 2020 dapat terlaksana dengan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid- 19,” ujarnya.

Selain pembacaan deklarasi, dalam kegiatan itu juga dilaksanakan sosialsisasi dan pembagian masker kepada masyarakat. “Melalui kegiatan ini juga kita kampanyekan kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker saat bepergian dan tetap menerapkan pola kehidupan yang baru seperti rutin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dengan orang lain dan menerapkan pola hidup sehat,” ujarnya.

Titis Bangun juga mengimbau masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial guna menjaga situasi menjelang, saat pelaksanaan dan pasca pemilu di Lamandau tetap kondusif.

“Masyarakat agar jangan mudah terprovokasi, bijaklah dalam bermedsos . Mari kita jaga Bumi Bahaum Bakuba tetap aman dan damai,” imbaunya.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Lamandau, Irwansyah mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung pelaksanaan deklarasi pemilu damai dan kepatuhan Prokes Covid- 19 yang di gagas Polres Lamandau.

“Terima kasih, Kami sangat mendukung kegiatan ini. Seperti yang disepakati bersama semua pihak bahwa pelaksanaan seluruh tahapan Pemilu serentak tahun ini tidak lepas dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid- 19,” ungkap Irwansyah.

Melalui kegiatan deklarasi ini, kata dia lagi, bersama lembaga dan pihak lain serta masyarakat berkesepakat penyelenggaraan pemilu 2020 dapat terlaksana dengan damai dan sehat.

“Dalam mekanisme pencoblosan nanti, pada tahap pembagian C6 atau surat pemberitahuan, kita juga sosialisasikan kewajiban menggunakan masker dan juga pemberitahuan jadwal atau jam kehadiran ke TPS agar tidak terjadi penumpukan massa, pada intinya kesehatan penyelenggara dan masyarakat diutamakan dalam Pemilu tahun ini,” jelasnya.

Diketahui, selain Kapolres dan Ketua KPU Lamandau turut serta dalam deklarasi tersebut, Ketua DPRD Lamandau, Pasi Ops Kodim 1017/Lmd, Ketua Bawaslu, perwakilan Kejari dan Pengadilan, serta perwakilan partai politik peserta Pemilu serentak 2020. (BH/K2)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *