Taman Tugu Perbatasan Banjar-Ciamis Terbengkalai

banner 468x60

Kotawaringin News, Nasional – Taman tugu perbatasan Kota Banjar dengan Kabupaten Ciamis di Batulawang, tepatnya di jalan nasional penghubung Banjar-Ciamis-Kabupaten Pangandaran terbengkalai.

Selain terbengkalai, taman tugu perbatasan tersebut juga tampak kumuh.

banner 336x280

Kesan kumuh dapat dilihat dari banyaknya rumput liar yang tumbuh subur di sekitar area taman tugu karena tidak ada perawatan.

Sampah yang berserakan mempertegas kesan kumuh tersebut, hal tersebut disebabkan tidak tersedianya tempat sampah di area taman.

Pantauan di lapangan, pada Senin (12/7/21), selain kondisi tadi, fasilitas taman seperti, pot tanaman, tempat duduk hingga lantai banyak yang retak bahkan roboh.

Padahal, pada 2018 silam Pemkot Banjar merencanakan pembangunan rest area di tempat ini.

Mengutip https://banjarkota.go.id/berita-banjar/banjar-segera-miliki-rest-area-baru/, biaya pembangunannya akan menghabiskan sekitar 5 miliar rupiah yang akan digelontorkan dari Provinsi Jawa Barat.

Kemungkinan selesainya tahun 2020 atau pengerjaan selama dua tahun dengan pengerjaan dua tahap.

Aji (36), salah seorang warga sekitar, mengatakan, sudah lama taman tugu perbatasan ini terbengkalai, namun tak kunjung diperbaiki sampai saat ini.

“Padahal kalau lebih diperhatikan, minimal rumput liarnya di pangkas berkala oleh petugas terkait pasti lebih nyaman dan enak dilihat,” ujarnya.

Menurutnya, perawatan taman tugu perbatasan ini sangat penting, karena sebagai simbol perbatasan sangat tidak layak kalau terbengkalai.

“Sepertinya sia-sia saja kalau hanya membangun tapi perawatannya tidak ada. Kaya mubadzir aja gitu,” ungkapnya.

Ia pun berharap, pihak Pemkot melalui instansi terkait bisa lebih memperhatikan kondisi bangunan yang sudah ada dengan memaksimalkan perawatannya. (Abd/Iwan Rahmansyah)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *