Menu

Semua KK di 5 Kecamatan Dapat Jatah Sembako Murah, Ini Rincian Se-Kabupaten Lamandau

Kotawaringin News, Lamandau – Bupati Hendra Lesmana secara resmi melaunching program operasi pasar dalam bentuk pasar sembako murah dengan jumlah paket yang disediakan sebanyak 30 ribu paket.

Operasi pasar dalam bentuk pasar sembako murah yang dicanangkan pemkab Lamandau tersebut sebagai bentuk dukungan ketahanan ekonomi dan sosial akibat wabah Covid-19 yang terjadi saat ini.

“Hari ini kita launching program operasi pasar dalam bentuk pasar sembako murah. Semoga bermnfaat,” kata Hendra Lesmana, saat lancing yang digelar di Desa Bukit Raya, Menthobi Raya, Kamis 23 April 2020.

Pada program ini, pemkab Lamandau menyediakan 30 ribu paket sembako murah untuk semua daerah di kabupaten Lamandau.

“Dengan pasar murah ini diharapkan masyarakat umum yang terdampak Covid-19 dapat terbantu, karena memeroleh harga miring untuk paket sembako yang telah kita subsidi 50% lebih. Di sisi lain, stabilitas harga, daya beli maupun inflasi juga akan terjaga karena untuk pembelian barang kita memberdayakan UMKM, toko atau warung-warung yang juga milik masyarakat setempat,” sebutnya.

Jika disandingkan dengan jumlah Kepala Keluarga (KK), diketahui ada lima kecamatan yang jumlah sebaran sembako murahnya menutupi semua KK. Meliputi kecamatan Bulik Timur, Belantikan Raya, Lamandau, Delang dan Batangkawa.

Sedangkan tiga kecamatan lainnya yakni kecamatan Bulik, Sematu Jaya dan Menthobi Raya, dipatok mendapatkan kuota 80 persen dari total jumlah KK masing-masing kecamatan.

“Ada beberapa hal yang mendasari keputusan untuk tiga kecamatan (Bulik, Sematu Jaya dan Menthobi Raya) kuotanya 80 persen, antara lain sebagian masyarakatnya tergolong masyarakat mampu dan tidak terdampak Covid-19 secara ekonomi,” jelas Hendra.

Pertimbangan lain, kata Hendra, banyak masyarakat dari tiga kecamatan itu hanya data administrasi KK-nya saja tercatat diantara tiga kecamatan itu namun faktanya berdomisili atau bertempat tinggal di sejumlah Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang ada di kabupaten Lamandau.

Berikut data jumlah paket dan jumlah KK yang disiapkan untuk program pasar sembako murah pemkab Lamandau (Data Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM kabupaten Lamandau) :

  • Kecamatan Bulik : 11.294 paket dari 13.567 KK, persentase 80 %
  • Kecamatan Sematu Jaya : 3.544 paket dari 4.430 KK, persentase 80 %
  • Kecamatan Menthobi Raya : 3.345 paket dari 4.181 KK, persentase 80 %
  • Kecamatan Bulik Timur : 2.768 paket dari 2.768 KK, persentase 100 %
  • Kecamatan Belantikan Raya : 2.654paket dari 2.654 KK, persentase 100 %
  • Kecamatan Lamandau : 3.491 paket dari 3.491 KK, persentase 100 %
  • Kecamatan Delang : 1.966 paket dari 1.966 KK, persentase 100 %
  • Kecamatan Batangkawa : 938 paket dari 938 KK, persentase 100 %

(BH/K2)

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook