Menu

Sejumlah Desa di Kecamatan Bulik Belum Pampang Daftar Nama Penerima Bantuan

Kotawaringin News, Lamandau – Sejumlah desa di wilayah Kecamatan Bulik belum melaksanakan intruksi Bupati Kabupaten Lamandau H Hendra Lesmana. Intruksi apa? Untuk memasang atau menampilkan daftar penerima bantuan sosial di papan pengumuman kantor desa masing-masing.

Tujuannya, tidak lain adalah demi terwujudnya transparansi atas penyaluran bantuan yang telah digulirkan oleh pemerintah pusat, Pemprov Kalteng maupun Pemkab Lamandau di tengah pandemi Covid-19.

“Sebagian sudah. Bagi desa lain yang belum melaksanakan imbauan terkait penampilan daftar nama penerima bantuan, diharapkan segera memasangnya, ” ujar Camat Bulik, H Abdul Kohar, Selasa (19/5/2020).

H Abdul Kohar, mengaku belum semua desa di wilayahnya menjalankan intruksi bupati tersebut. Di sisi lain, dia mengapresiasi pemdes atau kelurahan yang sudah memampang daftar nama penerima bantuan.

“Beberapa desa dan kelurahan sudah menindaklanjuti himbauan Bapak Bupati. Mereka sudah menampilkan daftar penerima berbagai program bantuan sosial di dinding kantor yang bisa dibaca semua warga yang ingin mengetahuinya,” ungkapnya.

Tentu saja, lanjutnya, setiap data yang tersaji akan selalu dievaluasi tentang ketepatannya. Dengan ditampilkan di tempat umum maka diharapkan adanya saran dan masukkan dari berbagai pihak untuk program yang lebih baik kedepannya.

“Untuk meminimalkan kesalahan penyaluran bantuan, maka pihak pemdes dan kelurahan memberi tanda dengan stabilo pada nama penerima yang dalam 1 KK menerima lebih dari 1 jenis bantuan atau dianggap kaya,” jelasnya.

Dengan laporan tersebut, dijelaskan dia, maka bisa diadakan penundaan pembayaran atau dana tersebut dikembalikan. Dan, jika ada penerima namun fakta di lapangan sudah meninggal, maka bantuan akan diberikan kepada ahli waris yang 1 KK.

“Dalam hal ini, perbaikan data perlu kebersamaan untuk menyamakan persepsi dan kesadaran untuk mendapatkan data yang terbaik,” ujarnya. (BH/K2)

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook