Menu

Puluhan KK Desa Kahingai Tempati Unit Permukiman Transmigrasi Baru

Bayu Harisma

Kotawaringin News, Lamandau – Program transmigrasi di Kabupaten Lamandau kembali dilaksanakan pada tahun 2018 ini. Belum lama ini Bupati Lamandau, H. Hendra Lesmana, meresmikan Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) Kahingai, Kecamatan Belantikan Raya.

Dengan diresmikannya unit permukiman tersebut, tidak kurang dari 25 Kepala Keluarga (KK) transmigran lokal desa Kahingai menempati rumah-rumah yang disediakan khusus tersebut.

“Dengan telah diserahkannya rumah transmigrasi bagi masyarakat lokal (desa Kahingai) ini menjadi salah satu bukti bahwa negara hadir di tengah masyarakat,” ungkap Hendra.

Hal ini, lanjut dia, juga sesuai dengan apa yang di inginkan presiden RI, Joko Widodo, yakni membangun dari pinggiran.

Diketahui, program transmigrasi di desa Kahingai selain diperuntukkan bagi warga lokal, nantinya juga akan ditempati oleh transmigran dari daerah Jawa Tengah (Jateng).

Dimana nantinya, akan ada sekitar 100 KK dari Jateng yang akan menempati UPT Kahingai itu.

Hendra berharap, kedepan para transmigran baik yang berasal dari lokal desa Kahingai maupun dari Jateng, dapat bekerjasama untuk bersatu padu membangun desa yang selama ini cukup sulit berkembang.

“Sehingga nantinya, deda akan dapat lebih maju lagi,” tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lamandau, Sefamas Wijaya. Dia berharap, kepada masyarakat yang telah menerima rumah beserta lahan tersebut dapat memanfaatkannya dengan baik. “Supaya, bisa meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.”

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook