Menu

Provinsi Kotawaringin Ditarget 2020

Bayu Harisma

Kotawaringin News, Sampit – Musyawarah kerja (Musker) dan Pengukuhan Presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin (DP2K) tengah berlangsung, Senin, 5 Agustus 2019, di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Kedepan, presidium ini ditarget untuk mewujudkan Provinsi Kotawaringin pada Tahun 2020.

Menurut Sekretaris Tim Formatur Provinsi Kotawaringin, Marukan, banyak tahapan yang harus dilalui dalam mewujudkan Provinsi Kotawaringin ini. Saat ini, lima daerah di wilayah Kalimantan Tengah (Kobar, Kotim, Seruyan, Lamandai dan Sukamara) sudah sepakat untuk membentuk Provinsi Kotawaringin. Selanjutnya, kata dia, lima daerah ini juga sudah sepakat bahwa Ibukota Provinsi Kotawaringin berada di wilayah Hanau Kabupaten Seruyan. “Kami harus bekerja keras, karena memang kami menargetkan untuk mewujudkan Provinsi Kotawaringin ini pada 2020.”

Dia melanjutkan, karena lima daerah ini sudah sepakat, maka dibentuklah presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin. Presidium ini berasal dari perwakilan tiap-tiap kabupaten yang menyatakan diri untuk berkomitmen dalam membentuk Provinsi Kotawaringin. “Presidium ini nanti malam akan dikukuhkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Sugianto Sabran).”

Setelah dikukuhkan, kata Marukan, presidium memiliki tanggung jawab sepenuhnya dalam memenuhi persyaratan pembentukan Provinsi Kotawaringin. “Tugasnya, jadi presidium ini mengawal dan menyiapkan banyak syarat dalam pembentukan Provinsi Kotawaringin ini. Selanjutnya, presidium meminta rekomendasi dari DPRD Provinsi Kalteng serta Gubernur Kalteng sebelum diajukan ke Pusat.”

Dia berharap, masyarakat di wilayah eks kewedanan Kotawaringin ini bisa mendukung setiap langkah presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin. Sehingga, target Provinsi Kotawaringin pada Tahun 2020 ini bisa terwujud.

Senada, Ketua Tim Formatur Provinsi Kotawaringin, Rahmat Nasution Hamka mengatakan, pengumpulan persyaratan pembentukan Provinsi Kotawaringin seharusnya selesai pada tahun ini oleh Presidium. Sehingga, bisa segera diusulkan ke Provinsi Kalteng untuk meminta rekomendasi. Serta, selanjutnya menjadi bahan acuan pengajuan pemekaran provinsi ke Pusat. “Tahun ini mudah-mudahan selesai di Presidium, sehingga bisa dilanjut ke Provinsi dan Pusat.”

No comments

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami Di Facebook