oleh

Penyerapan Anggaran Dana PEN di Daerah Perlu Ditingkatkan

Kotawaringin Barat, Jakarta – Guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan mempercepat pemulihan ekonomi,
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Mukhtarudin mendesak pemerintah meningkatkan penyerapan anggaran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) segera ditingkatkan.

Anggota DPR RI Komisi VIl Mukhtarudin juga menegaskan penyerapan anggaran program pemulihan ekonomi nasional (PEN) khususnya di daerah masih sangat rendah sehingga perlu untuk segera ditingkatkan.

“Saya ingin menggarisbawahi pada saat pemerintah pusat melihat alokasi maupun distribusi serta penyerapan dari program-program PEN di tingkat daerah masih perlu untuk ditingkatkan,” katanya, Rabu (1/9/2021).

Mukhtarudin menyatakan beberapa belanja pemerintah daerah yang berhubungan dengan pemulihan ekonomi masih sangat minimal seperti bidang kesehatan.

Pemerintah harus bisa meningkatkan penyerapan anggaran dana (PEN) yang baru mencapai 43,9% melalui pencairan bantuan sosial dan intensif bagi dunia usaha dan tenaga kesehatan.

Mukhtaruddin mengatakan hingga periode Agustus 2021 saat ini pemerintah baru dapat menyalurkan anggaran sebesar 326 triliun dari total 755 triliun, angka ini terbilang rendah dan jauh dari target realisasi yang dulu dicanangkan.

Menurutnya dalam kondisi saat ini seluruh elemen masyarakat seharusnya mendapatkan stimulus bantuan dari pemerintah dalam rangka meningkatkan daya beli, terang Mukhtarudin.

Sehingga, menurutnya serapan ini betul-betul cepat tersalurkan ke masyarakat, terutama dalam kesehatan bantuan-bantuan usaha dan lain-lain.

Ia menambahkan, realisasi program prioritas harus dikedepankan khususnya pada klaster perlindungan sosial dan kesehatan yang baru terserap 35,9%.

Mukhtarudin mendorong agar pemerintah terus melakukan langkah percepatan melalui kebijakan pengucuran dana Kas setiap daerah.

Sehingga, Lanjut Mukhtarudin program pemulihan ekonomi nasional berjalan efektif, anggaran pemerintah tahun ini tinggal sebentar lagi.

Lanjut Mukhtarudin, dengan percepatan serapan ini sehingga bisa memicu pertumbuhan ekonomi baik belanja sosialnya bantuan UMKM nya dan lain-lain, semuanya itu agar cepat direalisasikan.

Pemerintah harus bisa meningkatkan kinerja itu demi tercapainya pertumbuhan ekonomi yang semakin baik, Pungkasnya. (Yusbob)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed