oleh

Mukhtarudin dan BRIN Gelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Kepada 200 Peserta di Katingan

Kotawaringin News, Katingan – Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin bekerjasama dengan Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi 200 peserta dari Guru SMP/SMA/SMK dan Mahasiswa di Katingan, Kalimantan Tengah, Minggu, (11/12/2022).

Dalam sambutannya Mukhtarudin, mengatakan bahwa program Pelatihan karya tulis ilmiah ini penting demi mendorong kemajuan dan meningkatkan kapasitas SDM Indonesia, khususnya di Kalimantan Tengah, agar mampu bersaing dengan negara berkembang lainnya.

Kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah merupakan salah satu program kerjasama antara BRIN dan Komisi VII DPR RI yang diadakan di seluruh Dapil Anggota Komisi VI) seluruh indonesia.

Pada kesempatan ini bekerja sama dengan saya, sebagai aspirasi Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Katingan, dan ini merupakan yang ke-9 kalinya diselenggarakan di Kalimantan Tengah.

Lanjut Mukhtarudin, sebelumnya telah diadakan di Pelatihan KTI Mahasiswa di Palangka Raya, Pelatihan KT Guru di Pangkalan Bun, Sampit, Pulang Pisau dan Kapuas. Kemudian berlanjut kembali di Pangkalan Bun, dan Sampit, ada Pelatihan Literasi Digital dan Pengalaman ikan.

Oleh karena itu, kami Komisi VII DPR RI sebagai mitra dalam pelaksanaan fungsi legistasi, pengawasan dan anggarannya, sangat mengapresiasi dan mendukung BRIN dalam melaksanakan kegiatan seperti pelatihan ini, yang mana langsung dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat banyak. khususnya guru dan mahasiswa di Katingan.

Tujuan dari kegiatan Pelatihan KT1 adalah untuk memberikan dan meningkatkan pengetahuan dan keahlian dan pada SDM, baik untuk Guru maupun Mahasiswa. Guru menjadi bagian dalam mencerdaskan bangsa dan generasi yang akan datang, terang Mukhtarudin.

Para guru harus kita dorong kita dukung dan kita bantu untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas mereka, dalam rangka mengajar dan mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak didiknya.

Sehingga, kata Mukhtarudin, nantinya akan memberikan manfaat lebih luas untuk pendidikan, terutama pendidikan di Kalimantan Tengah dalam upaya menciptakan SDM unggul dan produkti.

Selain itu, pelatihan ini juga dapat bermanfaat bagi para guru untuk menulis sebuah karya tulis yang baik sebagai prasyarat kenalkan pangkat/jabatan.

Bagi mahasiswa sendiri diharapkan mereka bisa membuat karya tulis yang baik sesuai kaidah dan metodologi Ilmiah yang benar, baik untuk membuat tugas kuliah, tugas akhir seperti skripsi, tesis, maupun tugas penelisan lainnya.

Kita tentunya berharap yang terbaik bag kemajuan para guru maupun para marasiwa. Melalui pelatihan diharapkan dapat mengembangkan karya ilmiah baru yg bermanfaat, serta mampu mendorong murid maupun para mahasiswa untuk menulis dan mengembangkan karya ilmiah dan riset inovasi lainnya, kata Mukhtarudin.

Selain itu, kita saat ini sedang menghadapi disrupet teknologi, dunia berkembang cepat, dan tidak dapat kita hindari. Bagaimana kita dapat memanfaatican digitalisasi, bagaimana digitalisasi membantu luta untuk semakin produksit.

Pemahaman seperti ini harus diberikan terutama kepada anak didik, Kita harus dampingi mereka, dan disini peran penting guru untuk memberikan bimbingan dan pengawasan bagi anak didik maupun siswa dalam menghadapi perubahan teknolog yang semakin cepat, ucap Mukhtarudin.

Untuk BRIN, tentunya kami berterima kasih dan juga berharap untuk selanjutnya secara rutin dapat diadakan kegiatan pelatihan maupun kegiatan kerjasama lainnya yang lebih banyak.

Kami, anggota Komisi VII DPR RI akan selalu mendukung dan memperjuangkan program-program yang memberi banyak manfaat bagi peningkatan SDM dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kalteng, pungkasnya. (Yus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed