Menu

Lamandau Hanya Punya 1 Buah Thermo Scanner

Kotawaringin News, Lamandau – Sarana dan prasarana yang memadai menjadi salah satu faktor penting dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona atau juga dikenal Covid-19, salah satu contohnya seperti thermo scanner.

Thermo scanner atau alat pedeteksi suhu badan, merupakan salah satu alat yang seharusnya tersedia, utamanya di tempat-tempat fasilitas kesehatan. Akan tetapi, hingga saat ini Lamandau hanya memiliki 1 buah thermo scanner.

“Yang menjadi kesulitan, kami hanya memiliki 1 ini saja (thermo scanner),” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Lamandau, Friarayatini, dalam rapat koordinasi antisipasi penyebaran Covid-19, di aula Setda setempat, Senin (16/3/2020).

Kami, lanjut dia, sudah mencoba mencari alat ini melalui e-katalog. Yang biasanya harganya hanya berkisar Rp. 350 ribu sampai Rp. 400 ribu, kini harganya naik mencapai Rp. 3 jutaan, itupun hanya di beberapa penyedia saja yang masih memiliki stok.

“Kemudian, kesulitan kami yang lain adalah keterbatasan jumlah Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas kesehatan,” ujarnya.

Kami (Dinkes Lamandau), imbuh dia lagi, hanya memiliki APD sebanyak 25 buah. Kalaupun dibagikan ke 11 Puskesmas, maka satu Puskesmas hanya kebagian maksimal 2 saja.

Tak hanya menyampaikan terkait sangat minimnya sarana dan prasarana yang tersedia, Friarayatini juga menyampaikan keterbatasan stok Disinfektan. Namun demikian, pihaknya akan berupaya membuat Disinfektan. (BH)

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook