Kasirem 102/Pjg, Pantau Kesiapan Latihan Penanggulangan Bencana di Kodim 1014 Pbun

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Bencana Alam di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Khususnya di Kotawaringin Barat (Kobar) kerap kali terjadi, terutama bencana Banjir dan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan yang hampir melanda setiap tahunnya.

Untuk itu Korem 102/Pjg, menggelar latihan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2021, dengan melibatkan Tiga Kodim, yakni Kodim 1014 Pangkalan Bun, Sampit dan Lamandau, di Makodim 1014 Pangkalan Bun, Senin (21/6/2021).

banner 336x280

Pada Pembukaan Latihan tersebut, Komandan Korem 102/Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto dalam sambutan yang dibacakan oleh Kasi Renrem 102/Pjg, Kolonel Inf Syahrul Hadi mengatakan bahwa Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang dilaksanakan ini merupakan salah satu metode untuk memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan prajurit maupun satuan dalam mengantisipasi bahaya bencana alam.

“Perlu diketahui bencana alam dapat timbul dimana saja secara mendadak,” ucap Kolonial Inf Syahrul Hadi.

Hal itu tentunya menuntut kita untuk lebih siap siaga dalam upaya penanggulangan bencna alam.

Prajurit harus senantiasa meningkatkan kemampuan dan menyiapkan diri menghadapi tugas tanggap segera dalam mengatasi setiap bencana alamyang terjadi di wilayah ini,” ujar Syahrul Hadi.

Menurutnya, upaya penanggulangan bencana alam di wilayah jajaran Korem 102/Pjg ini harus dilakukan secara terpadu, terkoordinasi dan terencana, baik dengan pemerintah daerah, Polri, BPBD, Manggala Agni, Pemadam kebakaran, Tagana, Dinas Kehutanan, Dinas Kesehatan, dan elemen masyarkat lainnya.

Sehingga akan terbangun kesamaan langkah dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam seperti kebakaran hutan dan lahan, evakuasi korban maupun bantuan kemanusiaan lainnya, terang Syahrul Hadi.

Sementara itu Dandim 1014 Pangkalan Bun, Letkol Arh Drajat Tri Putro, mengakatatan bahwa latihan penanggulangan bencana alam ini difokuskan pada bencana yang sering terjadi di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Selain itu, lanjut Dandim ada teori dan juga lebih banyak prakteknya.

Untuk praktek bencana banjir akan dilaksanakan di danau Biru lanud Iskandar Pangkalan Bun, sedangkan untuk Praktek Karhutla di Jalan A.yani Kilometer 11 Kelurahan Baru, ucap Letkol Arh Drajad Tri Putro.

Direncanakan Personil yang terlibat dalam latihan Penanggulangan Bencana tersebut yakni Kodim 1014/Pbn sebanyak 100 Orang, Kodim 1015/Spt sebanyak 100 Orang, Kodim 1017/Lmd sebanyak 30 Orang, dan Yonif Raider 631/Atg sebanyak 70 orang serta melibatkan unsur lainnya dalam mendukung kegiatan ini, pungkasnya. (Yusbob)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *