Karhutla Kembali Terjadi, Babinsa Himbau Warga Tidak Buka Lahan Dengan Membakar

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Babinsa Kelurahan Mendawai Seberang Serda Agus Sugiarto, Koramil 1014-01 /Arsel bersama Tim Satgas Penanganan dan Pencegahan Kathutla Kabupaten Kotawaringin Barat berjibaku memadamkan api kebakaran hutan dan lahan yang membakar lahan kebun sawit di Jl. Lintas Kotawaringin Lama KM. 18 Kelurahan Mendawai Seberang Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (23/09/2021).

Mulanya titik api termonitor melalui satelit dengan koordinat, CO.S.-2.5771- E.111.5646, Babinsa Kelurahan Mendawai Seberang Serda Agus Sugiarto melakuakan melakukan verivikasi titik api dan melaporkan bahwa betul adanya Karhutla.

banner 336x280

Api membakar kebun milik Sdr. M Yusuf (62), warga Kelurahan Mendawai Seberang.

Untuk menanggulangi karhutla tim langsung mencoba memadamkan api dengan menggunakan mesin pompa air robin, serta membuat parit-parit agar api tidak menjalar.

Disela kegiatan, Serda Agus Sugiarto mengimbau kepada masyarakat turut serta aktif dengan memberikan infomasi apabila menemukan kebakaran hutan atau lahan. Jauh – jauh hari kami juga sudah melalukan sosialisasi tentang karhutla dan hukum pidananya.

“Kami juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membuka hutan atau lahan dengan cara dibakar karena pelaku dapat dihukum pidana,”

“Untuk saat ini penyebab Karhutla masih dalam penyelidikan apakah terjadinya kebakaran memang ada unsur kesengajaan atau tidak, jika pun ada maka akan di proses sesuai dengan hukum yang berlaku,” Ujar Serda Agus. (Yusbob)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *