Jumlah Peserta Pemilih Pilkada 2020 Di Kotim Berkurang 12 Ribu

banner 468x60
Kotawaringin News, Sampit – Jumlah peserta pemilih di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 berkurang hingga ribuan peserta dibandingkan dengan peserta pemilihan Presiden Republik Indonesia (RI) tahun lalu.
“Jumlah peserta Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kotim serta Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang ada di Kotim berkurang sebanyak 12 ribu dibandingkan peserta pada Pemilu Presiden RI yang lalu,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim, Siti Fathonah, Senin, 14 September 2020.
Daftar pemilih sementara di Bumi Habaring Hurung ini berjumlah 261.403 orang. Dibandingkan jumlah pemilih pada Pemilu Presiden yang lalu berjumlah 274.189. Totalnya ada sekitar 12.787 pemilih yang belum terdaftar pada Pilkada Kotim dan Kalteng tahun 2020.
Jumlah tersebut diperoleh dari hasil pemutakhiran data pemilih oleh KPU setempat yang dilakukan di 185 Desa dan Kelurahan di 17 Kecamatan yang ada di Kotim. Penurunan jumlah pemilih terjadi karena adanya perubahan data, seperti pemilih yang pindah domisili maupun yang meninggal dunia.
“Jumlahnya masih bisa berubah. Baik bertambah maupun berkurang. Kami berharap masyarakat bisa aktif memeriksa apakah dirinya terdaftar ataupun belum. Jika belum, segeralah melapor,” tutur Fathonah. (SHB/K2)
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *