Gairah Persib di Tatar Kotawaringin

banner 468x60

Andai datang ke Bandung Jawa Barat, ada dua hal terbesit di benak Anda: Pesib Bandung dan Mojang Bandung. Daerah yang terkenal dengan kemolekan kaum hawa ini memang mempunyai gairah luar biasa pada sepakbola.
Saat tiba di Bandung, ada dua pemandangan akan gampang ditemui. Perempuan berparas cantik dan kemegahan stadion-stadion sepakbola markas Persib Bandung.
Selain Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Persib Bandung juga memiliki 2 markas stadion sepakbola lainnya, Si Jalak Harupat dan Siliwangi. Jika Anda menuju tiga stadion tersebut naik angkutan kota, dijamin sepanjang perjalanan bakal temui perempuan-perempuan yang berparas cantik.
Dengan stok perempuan cantik yang begitu melimpah itu, maka tak heran kalau Bandung dijuluki Kota Kembang. Saking menakjubkannya, Presiden RI pertama, Ir Soekarno pernah berkata, “Ke Bandung lah aku kembali pada cintaku yang sesungguhnya.”
Membahas perempuan Bandung, tak akan ada habisnya. Sama halnya dengan membahas sepakbola di Bandung. Warga Bandung memiliki club sepakbola kebanggaan bernama Persib Bandung. Bahkan, club tersebut jadi kebanggaan warga Jawa Barat.
Jika Persib bemain kandang, ruas jalan di Bandung sepi. Warganya, tersedot di dalam stadion. Atau, mereka diam di rumah nonton siaran pertandingan di televisi.
Untuk musim 2015, Persib Bandung menjuarai kasta tertinggi sepakbola Indonesia. Trofi itu merupakan raihan kedua mereka di sepanjang sejarah Liga Indonesia.
Begitu populernya Persib Bandung, seorang trasmigran asli Garut Jawa Barat di Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah bernama Aceng berkata kira-kira begini “Persib lah yang mengingatkan saya, bahwa saya orang Sunda,” ujar dia yang sudah bepuluh-puluh tahun tinggal di salah satu daerah eks Kewedanan Kotawaringin itu.
Memang, Persib telah membuat para perantau asli Jawa Barat, ingat asal usul mereka. Membuat mereka begairah dengan bangga untuk menyatakan, ‘saya orang Sunda’. Membuat sebagian besar orang iri, ingin berketurunan dari Jawa Barat.
Banyak juga orang di luar Jawa Barat yang ingin berjodoh dengan keturunan Suku Sunda. Selain terpikat paras orang Sunda, mereka ingin menjadi bagian dari suporter Persib Bandung.
Satu lagi. Alasan setiap orang ingin berlabel Sunda karena Bumi Pasundan diciptakan ketika Tuhan sedang Tersenyum. Hehehehe.

Bayu Harisma Nugraha
Alumnus Fakultas Filsafat Jurusan Ilmu Filsafat Konsentrasi Komunikasi Politik Universitas Gadjah Mada
Tinggal di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah
Bisa Menulis Sejak TK Nol Besar Aisyah Tasikmalaya Jawa Barat
Pemimpin Redaksi Kotawaringin News

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *