oleh

Festival Babukung Tahun 2022 Resmi Dibuka

Kotawaringin News, Lamandau – Bupati Lamandau Hendra Lesmana secara resmi membuka Festival Budaya Babukung Tahun 2022 yang dipusatkan di halaman Pasar Induk, Kelurahan Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau. Selasa, 28 November 2022.

Orang nomor satu di Kabupaten Lamandau itu mengungkapkan, kegiatan festival tersebut merupakan salah satu upaya dalam melestarikan, mengembangkan serta memperkenalkan seni budaya yang ada di Kabupaten Lamandau kepada masyarakat luas.

“Babukung merupakan festival kebanggaan mayarakat Kabupaten Lamandau, bersinergi antara pemerintah Daerah dan Masyarakat yang memadukan semangat persatuan, kesatuan, kerja keras, kearifan budaya lokal, potensi daerah dan produktivitas dalam roda pembangunan daerah yang berkelanjutan,” ucap Bupati.

Festival Babukung tahun ini memasuki tahun ketujuh, telah terpilih sebagai salah satu dari 100 Calender of Events Wonderful Kementerian Pariwisata RI dan masuk dalam kalender reguler Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021.

Bupati menambahkan, pemilihan lokasi di Pasar Induk Nanga Bulik merupakan upaya menumbuhkan serta penyelamatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari dampak pendemi Covid-19 dan laju inflasi yang kini tengah dihadapi hampir seluruh daerah di Indonesia.

“Di lokasi ini ekonomi masyarakat akan tergerak, termasuk pelaku UMKM yang berjualan disekitar lokasi kegiatan, dengan pelaksanaan kegiatan kita ini sendi-sendi ekonomi bisa menggeliat kembali dan tidak kalah penting ialah memperkenalkan sektor wisata,” pungkasnya.

Usai membuka Festival Budaya Babukung Tahun 2022, Bupati Hendra juga melepas Karnaval Babukung. Berbagai jenis Bukung ditampilkan, seperti Bukung Hantu, Bukung Burung, Bukung Naga, Bukung Belanda dan lainnya. Gerakan mereka tampak serasi dan serempak melakukan tarian menggunakan topeng tersebut, mengikuti irama lagu dan karakter topeng yang ditampilkan.(*/BH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed