oleh

Festival Babukung Digelar Kembali, Simak Jadwalnya

Kotawaringin News, Lamandau – Sempat vakum selama dua tahun semasa pandemi covid-19, Festival Budaya Babukung siap digelar kembali. Kegiatan yang juga masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2022 itu digelar mulai tanggal 28 hingga 30 November mendatang.

Pagelaran festival topeng tradisional terbesar di Kalimantan tersebut, merupakan salah satu perhelatan kebanggaan masyarakat Kabupaten Lamandau. Dengan digelarnya kembali kegiatan itu, diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisata ke daerah setempat.

“Selama pandemi kami hanya menggelar Festival Babukung secara online, tahun ini akan digelar secara off air sehingga para wisatawan bisa datang dan menyaksikannya secara langsung,” terang Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat dihubungi pada Sabtu, 26 November 2022.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau, Meigo Basel mengungkapkan, Festival Budaya Babukung Tahun 2022 digelar selama 3 hari. Acara pembukaan akan dilaksanakan di halaman parkir Pasar Induk, Nanga Bulik.

Dijelaskan Meigo, upacara pembukaan baru akan dimulai pada Senin, (28/11/2022) sekitar pukul 14.00 WIB yang diawali dengan kegiatan Nota Garung Pantan, Meumpang Bukung dan Opening Ceremony.

“Kegiatan pembukaan dipusatkan di depan (halaman parkir) Pasar Induk Nanga Bulik,” ungkapnya.

Selanjutnya, pada pukul 15.00 WIB juga akan digelar Karnaval Topeng yang akan dilaksanakan di Jalan Pangeran Antasari dan Jalan Batu Batanggui, Nanga Bulik.

Kemudian malam harinya, pada pukul 19.30 WIB dilanjut acara The Spirit Babukung yang menampilkan sajian tarian Babukung berdasarkan tata urutan acara adat. Lalu diakhiri dengan Gelaran Tari Babukung dan Pentas Musik Etnik.

Di hari kedua, Selasa (29/11/2022) kegiatan dimulai sejak pagi pukul 08.00 WIB, yang akan diisi acara Malomang in Diversity di Pasar Induk Nanga Bulik. Di waktu yang sama, digelar Workshop Kostum Karnaval di aula BKPSDM.

“Malam harinya ada gelaran Tari Babukung, unjuk bakat finalis Bujang Dara dan pentas musik etnik,” kata Meigo.

Terakhir, Rabu (30/11/2022) masih di halaman Pasar Induk Nanga Bulik, ada kreasi warna Bukung di pagi hari yang akan dicatatkan dalam rekor muri yang diikuti oleh 300 peserta pelajar.

Lalu siang harinya, ada Ritual Memunu Bukung dan Menobang Jarau Pemali. Malam harinya, acara Grand Final Bujang Dara, pengumuman pemenang Festival Babukung, Closing Ceremony, dan penampilan artis Maulana Ardiansyah dan Ochi Alfira.(*/BH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed