Menu

Bupati Lamandau Lounching Program BLT- DD, Setiap Penerima dapat Rp600 Ribu

Kotawaringin News, Lamandau – Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana secara resmi melounching program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di aula desa Arga Mulya kecamatan Bulik, Senin 4 Mei 2020.

“Hari ini program BLT dana desa berupa uang tunai sebesar 600 ribu rupiah resmi disalurkan kepada masyarakat desa Arga Mulya dan akan segera diikuti oleh desa-desa lainnya,” ungkap Bupati Hendra setelah menyerahkan secara simbolis BLT-DD kepada perwakilan warga selaku penerima.

Program BLT-DD ini, kata Bupati Hendra, merupakan program pemerintah pusat dalam upaya penanggulangan dampak covid- 19, yang mana setiap desa menggunakan sebagian anggaran dana desa untuk disalurkan langsung kepada warga diluar daftar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Melalui program BLT- DD ini, uang senilai 600 ribu Rupiah diberikan kepada warga kurang mampu terdampak covid-19 non BPNT dan PKH selama tiga bulan yakni April hingga Juni 2020,” ujarnya.

Pada kesempatannya, orang nomor satu di Bumi Bahaum Bakuba itu menyampaikan pesan kepada aparat desa agar  program BLT-DD tepat sasaran dan sesuai aturan yang berlaku. “Proses pendataan semua program bantuan harus melibatkan semua unsur di desa dengan diawasi oleh pihak TNI-Polri, agar tepat  sasaran dan tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari,” ucap Bupati Hendra.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lamandau, Muriadi menyampaikan bahwa setelah pelaksanaan lounching BLT-DD oleh Bupati ini, maka secara otomatis akan diikuti oleh seluruh desa yang ada di Kabupaten Lamandau.

“Untuk desa Arga Mulya jumlah penerima BLT-DD sebanyak 31 Kepala Keluarga (KK), jumlah tersebut diluar daftar penerima BPNT dan PKH. Kita berharap program ini segera tersalur kepada masyarakat di semua desa se- Kabupaten Lamandau,” tukasnya.

Diketahui, untuk program ini pemerintah pusat menyiapkan anggaran  sebesar senilai Rp22,4 atau 31% dari total dana desa tahun 2020 senilai Rp71,19 Triliun, dan akan disalurkan kepada penerima selama tiga bulan. (BH/K2)

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook