Menu

484 Lembar Surat Suara Rusak di Lamandau Dimusnahkan

Bayu Harisma

Kotawaringin News, Lamandau – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamandau Senin (15/4/2019) melakukan pemusnahan surat suara rusak hasil pelipatan dan sortir yang dilakukan sebelumnya.

Pemusnahan surat suara rusak dengan cara dibakar itu dilakukan di halaman kantor KPU Lamandau dengan disaksikan oleh sejumlah pihak terkait, mulai dari Bawaslu, Kepolisian, Kejaksaan dan unsur pemerintah daerah.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Lamandau, Irwansyah, mengatakan bahwa jumlah surat suara rusak yang dimusnahkan tersebut adalah sebanyak 484 lembar.

“Setelah surat suara Pemilu tahun 2019 kita terima, kitapun langsung melakukan pelipatan dan penyortiran. Kemudian, setelah proses pelipatan dan penyortiran selesai, ada sebanyak 484 lembar surat suara yang rusak dengan berbagai jenis kerusakan, mulai dari sobek, pemotongan kertas suara yang tidak presisi dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Karenanya, lanjut dia, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, hari ini kita lakukan pemusnahan surat suara yang rusak tersebut.

“Ke 848 lembar surat suara yang rusak tersebut, bukan hanya satu jenis, akan tetapi terdiri dari beberapa jenis. Diantaranya, surat suara untuk DPD RI sebanyak 44 lembar, surat suara untuk DPR RI 139 lembar, surat suara untuk DPRD Provinsi Kalteng Dapil 3 sebanyak 74 lembar, surat suara presiden dan wakil presiden sebanyak 196 lembar, surat suara untuk DPRD Kabupaten Lamandau Dapil 1 sebanyak 11 lembar, surat suara DPRD Kabupaten Lamandau Dapil 2 sebanyak 12 lembar dan surat suara DPRD Kabupaten Lamandau Dapil 3 sebanyak 8 lembar,” ujarnya.

Diketahui, usai pemusnahan surat suara rusak kemarin, KPU Lamandau juga melaksanakan pendistribusian logistik pemilu ke masing-masing PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).

“Sesuai jadwal, hari ini kita distribusikan logistik pemilu ke masing-masing PPK. Tetapi khusus untuk Kecamatan Bulik karena dekat, akan kita distribusikan besok pagi,” terangnya.

Dirinya menjelaskan, untuk memastikan keamanan dalam pendistribusian logistik, setiap armada pengangkut juga dikawal aparat kepolisian.

No comments

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami Di Facebook