Menu

Warga Desa Tanjung Jariangau Tetap Jaga Budaya Habaring Hurung

Sampit – Budaya Gotong royong merupakan warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia yang sejak dulu kala sudah menjadi bagian dalam kehidupan bermasyarakat, terkhusus di Kabupaten Kotawaringin Timur, Bumi Habaring Hurung yang artinya Gotong Royong.

Seperti yang dilakukan warga masyarakat Desa Tanjung Jariangau Kecamatan Mentaya Hulu Kabupaten Kotim tampak antusias melaksanakan kegiatan gotong-royong perbaikan jembatan penghubung antar desa Tanjung Jariangau dan Desa Bawan menuju ibukota Kecamatan Kuala Kuayan, Minggu 19 Januari 2020.

Kasi Kesejahteraan Pemdes Tanjung Jariangau Muhammad Haris mengatakan pelaksanaan perbaikan tersebut dilakukan guna mempermudah akses antar desa khususnya akses warga desa Tanjung Jariangau menuju Kecamatan di Kuala Kuayan yang sampai sekarang masih belum diperhatikan pemerintah daerah.

Menurutnya, ada tiga lokasi jembatan penghubung yang akan diperbaiki diantaranya Jembatan Sei Tarusan, Jembatan Sei Uwei dan Jembatan Sei Pulut Bawan. “Kegiatan ini telah berlangsung sejak 10 januari 2020 yang lalu, dimulai memperbaiki jalan akses dengan melakukan penimbunan dan pelebaran di beberapa titik jalan antar desa Tanjung Jariangau desa Bawan menuju ibukota Kecamatan Mentaya Hulu Kelurahan Kuala Kuayan,” terangnya.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari beberapa perusahaan besar swasta setempat, bantuan tersebut berupa dukungan alat berat dari dua perusahaan sawit diantarannya masing-masing melalui CSR.

Sementara itu, Kepala desa Tanjung Jariangau Al-Irsyad mengatakan, kegiatan royong warga tersebut dilaksanaka menumbuhkan kembali semangat hapakat Habaring Hurung di Desa Tanjung Jariangau. Kemudiam memeprerat tali silaturahmi antar warga agar terus harmonis, kompak, akrab dan memupuk persatuan dan kesatuan.

Kegiatan tersebut juga di ikuti oleh Plt Camat Mentaya Hulu Drs. Sardinin, Kades Tanjung Jariangau Al Irsad, S.Pd, Perangkat Desa Kasi Kesejahteraan, BPD Tanjung Jariangau, LPMD, Damang Mentaya Hulu Hartono. Ketua RT dan ketua RW serta masyarakat desa Tanjung Jariangau dan Desa Bawan.

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Ikuti Kami Di Facebook