Menu

Wabup Lamandau Pimpin Rapat Monitoring Persiapan Pilgub Kalteng

Kotawaringin News, Lamandau – Tim desk Pilkada Kabupaten Lamandau melaksanakan rapat sekaligus monitoring persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Pilgub Kalteng) Tahun 2020, Rabu (15/7/2020).

Rapat yang dilaksanakan di aula Setda Lamandau itu dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto. Turut hadir dalam rapat diantaranya ketua KPU Lamandau, ketua Bawaslu Lamandau, kepala Dinas Disdukcapil serta sejumlah perwakilan FKPD lainnya.

Dalam kesempatannya, Riko mengatakan bahwa Desk Pilkada merupakan salah satu instrumen pemerintah yang didalamnya terdapat sejumlah unsur, baik dari pemerintah daerah, TNI dan Polri yang mempunyai fungsi dan tujuan membantu KPU mensukseskan penyelenggaraan Pilkada.

“Mulai dari kegiatan sosialisasi, memfasilitasi, mengantisipasi masalah di lapangan, menyelesaikan konflik yang mungkin terjadi, dan monitoring pelaksanaan pemilu, memberikan saran dalam penyelesaian permasalahan serta melaporkan kepada Bupati dan Gubernur,” ungkapnya

Tim Desk Pilkada, lanjut dia, dibentuk untuk mendukung satuan kerja dalam pelaksanaan Pilkada serentak agar berlangsung aman, adil, dan lancar.

“Tentu, tugasnya antara lain mendukung dan melaksanakan pemantauan, menginventarisir permasalahan, dan memberikan saran penyelesaian permasalahan pelaksanaan Pilkada kepada penyelenggara Pilkada baik itu KPU maupun Panwaslu kabupaten Lamandau, serta menyampaikan laporan ke tim Desk Pilkada provinsi Kalimantan Tengah,” bebernya.

Disebutkan Riko, bahwa Pilkada tahun ini bisa dikatakan sangat berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Selain adanya wabah Covid-19 yang menjadi kendala tahapan sosialisasi, juga masih adanya wilayah yang tidak ada akses internet.

“Di Kabupaten Lamandau, dari 8 kecamatan yang ada di kabupaten Lamandau, beberapa desa belum ada jaringan telekomunikasi atau biasa disebut blank spot,” ujarnya.

Diantaranya, kata dia lagi, kecamatan Belantikan Raya, ada 7 desa, kecamatan mentobi raya ada 5 desa, kecamatan Delang ada 2 desa, dan kecamatan Bulik timur ada 7 desa.

Sementara, di tempat yang sama, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko, mengatakan bahwa monitoring persiapan Desk Pilkada penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana persiapan yang sudah dilakukan selama ini. (M/BH/K2)

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook