oleh

TPKD Tamiang Beli Mobil Ambulans dari Hasil Kelola Excavator

Kotawaringin News, Lamandau – Tim Pengelola Kebun Desa (TPKD) Tamiang, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau tak henti-hentinya membuat inovasi untuk masyarakat setempat. Terbaru, TPKD telah membeli mobil ambulans dengan uang yang bersumber dari hasil pengelolaan dan pemanfaatan excavator.

Seperti diketahui, awal Tahun 2021, TPKD Tamiang membeli satu unit excavator baru dari hasil mengelola kebun seluas 100 hektare yang merupakan limpahan dari salahsatu perusahaan besar swasta (PBS) sesuai akta perdamaian putusan Pengadilan Negeri Nanga Bulik nomor 1/Pdt/G/LH/2020/PN Ngb dan surat nomor 0217/PWP-LGL-JKT/VI/2020.

“Puji tuhan akhirnya kita bisa beli (mobil) ambulans. Ambulans dibeli dengan uang dari pemasukan alat berat (excavator) yang kita kelola,” ungkap Ketua TPKD Tamiang, Edi Manto, Kamis 22 Juli 2021.

Dia mengatakan, dalam kurun waktu sekitar tiga bulan pengelolaan excavator tersebut, TPKD Tamiang sudah bisa mengumpulkan pundi-pundi pemasukan ratusan juta rupiah. “Pembelian mobil ambulans tersebut hasil dari pengelolaan eksavator selama kurang lebih tiga bulan. Harganya 237 juta rupiah. Dibeli cash (tunai). Kurang lebih tiga minggu lagi datang. Kemarin sudah di bayar dan di pesan.”

Edi menyebut, pembelian ambulans tersebut diharapkan bisa menjadi fasilitas kesehatan masyarakat Desa Tamiang yang membutuhkan pengobatan ke Kota Nanga Bulik Kabupaten Lamandau. “Bisa digunakan masyarakat yang sakit dan butuh pengobatan lebih lanjut ke RSUD Lamandau di Nanga Bulik, apa lagi di tengah menghadapi pandemi covid-19 seperti saat ini.”

TPKD Tamiang, lanjut Edi, terus berupaya memberikan manfaat untuk masyarakat. Hasil dari pengelolaan kebun tersebut harus digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Tamiang. “Kenapa dulu beli excavator, karena ada nilai ekonomis. Selain bisa digunakan oleh warga untuk buka lahan mereka, alat berat ini bisa menjadi sumber pemasukan dengan cara sewa pakai.” (BH/K2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed