TNI-Polri Dan Pemda Gelar Simulasi penanganan Karhutla dan cara membuka lahan dengan kearifan lokal

banner 468x60

Kotawaringin News, Polres Lamandau – Setelah pelaksanaan Apel Siaga Karhutla gabungan, TNI-Polri dan masing-masing instansi terkait yang menangani karhutla, melaksanakan Simulasi penanganan Karhutla dan cara membuka lahan dengan kearifan lokal di lahan warga Desa Batu Hambawang Kec. Sematu Jaya, Kab. Lamandau, Prov. Kalteng, Kamis (15/10/2020) Siang.

Bupati Lamandau, Kapolres, bersama Dandim 1017/LMD dan Forkopimda Kab. Lamandau
mengikuti cara membuka lahan dengan kearifan lokal yang di lakukan oleh kepala adat setempat dengan melakukan ritual sebelum pelaksanaan pembakaran Lahan.

banner 336x280

Dalam tersebut, Kapolres Lamandau AKBP Titis Bangun H.P, S.I.K, M.H bersama Forkopimda mengikuti satu persatu cara membuka lahan dengan kearifan local tersebut yang mana dalam pembakaran lahan harus sesuai dengan peraturan Gubernur yang mengatur tentang pembakaran Lahan dan Pekarangan.

Sementara itu, Kapolres Lamandau AKBP Titis Bangun H.P., S.I.K., M.H Mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Lamandau, bahwa peraturan Gubernur yang mengatur tentang pembakaran Lahan dan Pekarangan memang sudah di terbitkan, tetapi ada ketentuan hukum yang harus patuhi.

“Salah satunya adalah melaporkan lahan yang akan di bakar ke Pemerintah Daerah maupun Ketua adat setempat, sehingga pembakaran lahan dapat terkontrol dan tidak menyebabkan kebakaran yang meluas,” ucap Kapolres. (dbm)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *