Sentra Gakkumdu, Optimalisasi Penanganan Pidana Pesta Demokrasi

banner 468x60

Bayu Harisma

Kotawaringin News, Lamandau – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lamandau, Kepolisian Resor Lamandau dan Kejaksaan Negri Lamandau menggelar Rapat Koordinasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu), di Aula Hotel Putri Tunggal, Nanga Bulik, Senin (3/12/2018).

banner 336x280

Rapat koordinasi yang dibuka secara langsung oleh Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana tersebut dihadiri sejumlah caleg yang bakal berkompetisi pada Pileg 2019 mendatang.

Menurut Ketua Bawaslu Lamandau, Bedi Dahaban, tidak dapat dipungkiri bahwa penegakan hukum Pemilu yang bermasalah menjadi salah satu faktor penyumbang terjadinya pelanggaran pidana Pemilu. Oleh karena itu dengan adanya forum ini maka akan ada komunikasi yang efektif dan optimal.

“Koordinasi tersebut dimaksudkan untuk optimalisasi penanganan tindak pidana Pemilu, dalam Pileg dan Pilpres 2019. Anggota Sentra Gakkumdu diharapkan dapat mewujudkan penegakan hukum yang terpadu, efektif, cepat, dan tidak memihak,” kata Bedi Dahaban.

Dia melanjutkan, pelanggaran dalam Pileg dan Pilpres di Kabupaten Lamandau ini yang berpotensi mengandung tindak pidana harus diselesaikan secara hukum. Misalnya, kata dia, menyalahi Undang-Undang Dasar, intimidasi, politik uang, ancaman kekerasan hingga pengrusakan alat peraga kampanye calon lain. “Penegakan hukum terpadu ini adalah koraborasi antara Bawaslu dengan para penegak hukum untuk menindak pelanggaran tindak pidana pemilu.”

Profesional
Sementara itu, Bupati Lamandau H Hendra Lesmana menilai Bawaslu Kabupaten Lamandau tidak akan pandang bulu dalam menindak pelanggaran pada pileg dan pilpres 2019 mendatang. Dia memastikan bahwa Bawaslu tetap profesional dalam melaksanakan tugas pengawasan pesta demokrasi di 2019. Buktinya jelas, lanjut H Hendra, sebagai salah satu peserta dalam kontestasi Pilkada Lamandau 2018, Bawaslu selalu menjalankan tugas pengawasannya dengan baik. “Mereka profesional. Saya merasakannya sendiri saat menjadi peserta pilkada kemarin. Mereka selalu hadir dan mengawasi setiap kami menyelenggarakan kampanye di setiap desa. Bahkan mereka selalu hadir meski hanya pakai motor.”

Selain itu, kata dia, Bawaslu selalu memberi masukan terhadap materi kampanye yang tidak melanggar ketentuan. “Tentu bukannya risih selalu ada bawaslu saat kampanye. Justru mereka banyak memberi masukan materi yang boleh dan enggak pada kampanye. Jadi para caleg nantinya harus mikir dua kali untuk bermain curang, karena bawaslu kita profesional.”

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *