Menu

Posyandu di Sukamara Harus Mandiri

Kotawaringin News, Sukamara – Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Kesehatan setempat mengelar kegiatan advokasi revitalisasi Posyandu Se Kabupaten Sukamara yang digelar di Aula Kantor Bupati Sukamara, Selasa 10 Desember 2019.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Sekda Sukamara Sutrisno itu membahas tentang kemandirian posyandu yang selama ini belum terwujud di Sukamara.

Sutrisno menganggap advokasi revitalisasi posyandu penting karena bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan kinerja Posyandu sehingga terhadap kesehatan dan strata Posyandu lebih baik kedepannya.

“Kemandirian posyandu itu penting karena kedepan tantangan Posyandu semakin berat,” kata Sutrisno. Menurut Sutrisno, dalam upaya mencapai tujuan untuk menjadikan Posyandu sebagai wahana partisipasi masyarakat yang mandiri tidaklah mudah.

“Ini tidak gampang apalagi kalau dikaitkan dengan upaya peningkatan kesejahteraan keluarga khususnya dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi juga balita di Indonesia,” terang Sutrisno.

Sekda menjelaskan, peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar, karena selain sebagai sumber informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Posyandu harus menjadi bagian dari pemberdayaan masyarakat dalam pembentukan paradigma sehat yang benar.”

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Ikuti Kami Di Facebook