oleh

Perda Penegakan Prokes akan Dibahas Bersama DPRD Kobar Bulan Agustus ini

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Dalam rangka percepatan penangan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat membuat Peda tentang Protokol Kesehatan, pembahasan Raperda ini diagendakan akan dibahas bersama DPRD Kobar pada Agustus 2021.

Pelaksana Harian Satgas Covid-19 Kobar, Tengku Alisyahbana mengatakan Perda Protokol Kesehatan rencananya akan masuk pembahasan di legislatif pada 12 Agustus 2021.

“Pembahasan perda antara eksekutif dan legislatif sudah diagendakan oleh Badan Musyawarah DPRD akan mulai dibahas 12 Agustus 2021 ini,” ujarnya, Senin (2/8/2021).

Perda Protokol Kesehatan ini pada prinsipnya menekankan unsur pidana bagi pelanggar protokol kesehatan, karena Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2020 hanya mengatur denda administratif dan sanksi sosial.

“Selama ini kan yang berjalan hanya sanki sosial dan denda Administratif sebesar Rp 50.000, tentu perlu upaya yang lain agar Prokes dapat dijalankan dengan baik,” ungkapnya.

Dengan ditingkatkannya Perbup 54 Tahun 2020 menjadi Perda dan terdapat klausul mengenai sanksi pidana, dengan begitu maka, jaminan hukum kepada Aparatur Penegak Hukum (APH), dalam memberikan sanksi hukum kepada pelaku pelanggar protokol kesehatan akan lebih terjamin.

Ditegaskannya bahwa Perda Protokol Kesehatan tersebut ketika nantinya disahkan maka akan menjadi Perda pertama di Kalteng yang mengatur tentang protokol kesehatan. (Yusbob)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed