oleh

Pemkab Lamandau Deklarasi Pemilu Damai dan Kesiapsiagaan Tanggulangi Bencana

Kotawaringin News, Lamandau – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat bersama dengan jajaran TNI, Polri, Kejaksaan, KPU, DPRD serta berbagai tokoh masyarakat dan tokoh agama, Selasa (17/11/2020) melaksanakan deklarasi damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta komitmen bersama dalam penanggulangan bencana.

Ikrar damai dan kesiapsiagaan menanggulangi bencana itu dipimpin langsung oleh Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, di bundaran rusa, Kota Nanga Bulik.

Bupati Hendra mengatakan, bahwa Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945.

“Kegiatan yang kita laksanakan hari ini, tentunya juga membuktikan adanya kesatuan semangat untuk secara bersama wujudkan pelaksanaan pemilu Kalteng yang damai, langsung, umum, bebas dan rahasia, jujur dan adil,” ungkapnya.

Kita semua, lanjut dia, mulai Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara penyelenggara, Bawaslu yang melakukan tugas pengawasan, Pasangan calon sebagai peserta pemilu, pemerintah selaku fasilitator, kepolisian dan TNI sebagai yang bertugas mengamankan jalannya Pemilu, tokoh masyarakat, Pemuda, mahasiswa yang hadir pada kesempatan ini tentunya menginginkan dan menghendaki jalannya tahapan Pemilu berlangsung secara aman dan damai.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang berbahagia ini akan kita gunakan untuk mendeklarasikan semangat dan mewujudkan Pemilu damai aman dan tertib yang dituangkan dalam bentuk deklarasi atau ikrar bersama,” ujarnya.

Dirinya menyebut, ikrar yang dilaksanakan itu mengandung makna, bukan hanya sekadar formalitas dan seremonial belaka.

“Maknanya untuk mempertegas sikap kita semua. Sikap itu memuat komitmen dan konsistensi kita semua akan keharusan untuk turut menciptakan iklim yang kondusif bagi keseluruhan proses Pemilu,” tandasnya.

Selain ikrar kesiapan mendukung dan mewujudkan Pemilu damai, ikrar juga ditujukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen, baik pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana di Kabupaten Lamandau.

“Juga untuk meningkatkan koordinasi penanggulangan bencana dalam menghadapi bencana dan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi bencana serta untuk memberikan pemahaman penanganan bencana kepada pemangku kepentingan dan relawan,” tukasnya. (M/BH/K2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed