Menu

Nilai SAKIP Lamandau Naik Menjadi B

Kotawaringin News, Lamandau – Kabupaten Lamandau patut bangga, laporan hasil Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) mengalami kenaikan. Dari nilai CC menjadi Nilai B.

Setelah pada penilaian tahun 2018 hanya mendapat nilai CC. Pada penyerahan laporan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2019 yang berlangsung di Bali, Senin (27/1/2020), kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuma ini melonjak, naik menjadi B.

Laporan Hasil Evaluasi SAKIP untuk Kabupaten Lamandau ini diterima Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana yang diserahkan langsung oleh Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) M. Yusuf Ateh.

Bupati Lamandau H Hendra Lesmana menerangkan, Pemda Lamandau menerima predikat B atas penilaian laporan SAKIP dari Kemenpan RB. SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan. Sistem ini, lanjut dia, merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan berbasis hasil. “Alhamdulillah, kita menerima predikat B. Mudah-mudahan kedepannya bisa meningkat kembali.”

Menurut H Hendra, perbaikan pemerintahan dan sistem manajemen merupakan agenda penting dalam reformasi birokrasi yang sedang dijalankan oleh pemerintah saat ini. Sistem manajemen pemerintahan diharapkan berfokus pada peningkatan akuntabilitas serta sekaligus peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome). Maka pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk penerapan sistem pertanggungjawaban yang jelas dan teratur dan efektif yang disebut dengan SAKIP. “Tujuan SAKIP adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya.” (BH)

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Seminar Beladiri Muslimah

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook