oleh

Mukhtarudin Mendukung Upaya Kemenperin Berantas Kemiskinan Ekstrem

Kotawaringin News, Jakarta – Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Mukhtarudin, mendukung langkah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang akan berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga lain guna menghapus kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Kementerian Perindustrian tengah berupaya menyinergikan program-programnya dan berkolaborasi dengan kementerian/lembaga lain untuk mendukung upaya menghapus kemiskinan secara ekstrem, sepertinya yang telah ditargetkan pemerintah.

Dimana, kata Mukhtarudin target pengentasan kemiskinan ekstrem ditetapkan pemerintah hingga nol persen pada tahun 2024.

“Kemenperin memiliki program penumbuhan wirausaha baru melalui program inkubator bisnis. Ini harus disinergikan bersama dengan kementerian dan lembaga di daerah guna mengurangi dan menghapus kemiskinan secara ekstrem,” ujar Mukhtarudin, Selasa (5/10/2021).

Kebijakan tersebut, menurutnya sejalan dengan upaya pemerintahan Jokowi – Ma’aruf Amin yang menargetkan pengentasan kemiskinan ekstrem jadi nol persen pada 2024 mendatang.

“Saya kira langkah ini penting untuk pengentasan kemiskinan di seluruh Indonesia,” terang Mukhtarudin.

Diketahui, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan ada tiga pilar utama diperlukan dalam membangun industri nasional, yaitu investasi, teknologi, dan sumber daya manusia.

Pembangunan SDM terus dilakukan Kemenperin guna memacu kinerja industri agar bisa memberikan kontribusi signifikan bagi pemulihan ekonomi nasional.

Lanjut Mukhtarudin, bahwa Agus Gumiwang menyebutkan bahwa Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Penumbuhan wirausaha baru tersebut dilakukan secara intensif dan termonitor untuk terus dapat meningkatkan produktivitas dan daya saingnya di era digital.

Untuk itu, Mukhtarudin berharap pemerintah terus berupaya untuk menekan tingkat kemiskinan di indonesia dan juga kesenjangan ekonomi yang terus terjadi terdampak Covid-19.

Saat ini, angka kemiskinan di Indonesia tercatat pada angka 10,14 persen, angka ini meningkat dari angka pada 2019, namun ada sedikit penurunan dari 2020 sebesar 10,19 persen.

“Saya berharap strategi Kemenperin ini dapat mengakselerasi penurunan angka kemiskinan nol persen pada tahun 2024 mendatang,” pungkasnya. (Yusbob)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed