Menu

Mengais Rupiah Khas Emak-Emak Purwareja

Bayu Harisma 

Kotawaringin News, Lamandau – Emak-emak di Desa Purwareja Kecamatan Sematu Jaya Kabupaten Lamandau, tak mau tinggal diam di rumahnya masing-masing. Untuk ikut membantu meningkatkan perekonomian keluarga, emak-emak di desa itu pun turun ke ladang.

Digawangi oleh Sumarni, Darmini dan Raminten, emak-emak di Desa Purwareja membentuk kelompok tani bernama Subur Makmur.

Lahan sekira seperempat hektare, mereka sulap menjadi ladang sayuran. Berbagai jenis tanaman sayuran pun mereka tanam di lahan yang berada di belakang Pasar Purwareja. Menjanjikan memang, sejak dimulai pada pertengahan Tahun 2018, usaha itu menunjukan hasil yang cukup memuaskan.

“Dimulai dari bulan delapan (Agustus), sudah lebih dari 10 kali panen, ya untungnya sudah lumayan,” ucap Sekretaris Kelompok Tani Wanita Subur Makmur, Darmini, di lokasi ladang tersebut.

Dia merinci, jenis tanaman yang ditanam kelompok tani wanita ini yakni cabe, terong, kacang tanah, jagung, tomat hingga sawi. Usaha ini, kata dia, dibantu pemerintah. Artinya, emak-emak di Desa Purwareja tersebut tidak menemui kendala permodalan. Bakhan, hasil panen pun bisa terserap pasar Purwareja. “Ya bisa dijual ke perorangan, anggota atau masyarakat, selebihnya bisa dijual di pasar.”

Senada, Kades Purwareja, Yasin Farida, mengatakan, kelompok ini melakukan pembibitan sendiri. Selain ditanam di areal tersebut, bibit tanaman sayuran itu juga di jual kepada masyarakat untuk ditanam di lahannya masing-masing. “Jadi selain dari menjual hasil panen dari tanaman sayuran, mereka juga mendapat keuntungan dari jual bibit sayuran.”

Sementara itu, rona wajah Bupati Lamandau H Hendra Lesmana, tampak berseri kala mengunjungi areal ladang Kelompok Tani Wanita Subur Makmur, Kamis (8/11/2018).

Tak sendiri, dalam kunjungan tersebut, orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba ini, didampingi Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto, Ketua PKK Lamandau, Hj Rusdianti, Ketua GOW Lamandau Saridah Riko serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Lamandau mengunjungi areal ladang Kelompok Tani Wanita Subur Makmur.

Pada dasarnya, Bupati Lamandau H Hendra Lesmana mengapresiasi kepada setiap masyarakat yang memiliki terobosan dalam meningkatkan kesejahteraannya. Pemanfaatan lahan untuk penanaman sayuran adalah bagian dari upaya peningkatan perekonomian masyarakat. “Yang pasti jangan ada lahan tidur, harus dibangunkan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Lahan pekarangan juga harus dimanfaatkan, setidaknya menanam tanaman obat keluarga (Toga),” kata dia.

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Seminar Beladiri Muslimah

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook