Menu

Gubernur Kalteng Hadiri Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lamandau

Bayu Harisma

Kotawaringin News, Lamandau – Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa (IKBAB) tingkat Provinsi Kalteng tahun 2019 dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Lamandau.

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, juga nampak hadir langsung serta didaulat menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 tersebut.

Selain gubernur, sejumlah pejabat Provinsi Kalteng, seperti Danrem 102 Panju Panjung, Kolonel Arm Syaiful Rizal, pejabat dari Kabupaten/kota serta ribuan pemuda-pemudi juga hadir dan menjadi peserta upacara.

Saat membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, menyebutkan bahwa saat ini pemuda harus mengetahui tentang jati diri bangsa dan negaranya.

“Untuk menyikapi era perkembangan kemajuan teknologi dan informasi, pemuda-pemudi bangsa harus memahami jati dirinya sebagai bangsa yang besar dan mengedepankan persatuan dan kesatuan. Pemuda harus mampu memfilter dirinya dari konten-konten negatif,” ungkapnya.

Diketahui, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema itu diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat wujudkan cita-cita bangsa.

“Tema Bersatu Kita Maju, sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda, moment ini menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju,” tandas Sugianto.

Pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda kemarin, juga dilaksanakan Ikrar Bersama Anak Bangsa se-Kalteng. Petugas pembaca ikrar diiringi barisan pemuda pemudi yang mengenakan pakaian adat suku-suku yang ada di Indonesia serempak berikrar “Kami anak bangsa Indonesia di Kalimantan Tengah yang Berkah, dari bermacam suku dan budaya, beragam keyakinan dan  dan dengan semangat Isen Mulang, kami berikrar, menjunjung tinggi keadilan yang beradab, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia, menjadi anak Bangsa yang bijaksana, jujur dan bermartabat”.

Usai pelaksanaan upacara dan Ikrar Bersama Anak Bangsa, Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, juga melakukan penandatanganan Prasasti Ikrar Pemuda Pemudi Kalteng sebagai sejarah bahwa kabupaten Lamandau telah menjadi tuan rumah kegiatan yang mempererat persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa di Kalimantan Tengah.

“Penandatanganan prasasti ini sebagai tonggak sejarah bagi pemuda-pemudi se-Kalteng untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta mambangun masa depan demi mewujudkan Kalteng Berkah dan Indonesia Jaya,” ucap Sugianto Sabran, sebelum membubuhkan tanda tangannya di atas prasasti.

No comments

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami Di Facebook