DPRD Apresiasi Pasir Panjang Raih Penghargaan ADWI 2023

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan penghargaan sebagai juara harapan kepada Desa Pasir Panjang dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat, Rusdi Gozali, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap prestasi yang diraih oleh Desa Pasir Panjang.

banner 336x280

Ia melihat pencapaian ini sebagai motivasi bagi desa tersebut untuk terus berinovasi dalam memanfaatkan potensi yang dimilikinya, katanya, Rabu (30/8/2023).

Rusdi Gozali menyatakan, “Kami memberikan ucapan selamat kepada Desa Pasir Panjang atas pencapaian prestisiusnya dalam kategori Homestay dan Toilet pada ADWI 2023. Desa Pasir Panjang berhasil bersaing dengan 4.575 desa lain di Indonesia dan masuk sebagai salah satu dari 75 desa terbaik yang memiliki daya tarik unik dalam wisata budaya dan alam.”

Menurut Rusdi Gozali, mencapai status sebagai salah satu dari 75 desa terbaik di Indonesia bukanlah hal yang mudah. Ini memerlukan upaya keras dan kerja sama dari seluruh masyarakat Desa Pasir Panjang, mengingat ADWI memiliki penilaian yang mencakup lima kriteria yang harus dipenuhi.

“Keunikan Desa Pasir Panjang dalam mempertahankan budaya lokal dan keindahan alamnya sangat menarik bagi para wisatawan. Terletak di tengah Kota Pangkalan Bun, Desa Pasir Panjang masih mempertahankan tradisi yang diwariskan oleh para leluhur, sementara alamnya juga tetap terjaga di kawasan jurung tiga,” tambahnya.

Rusdi Gozali juga mencatat bahwa sebelumnya, Desa Sekonyer juga meraih penghargaan dalam ADWI pada tahun 2022. Hal ini menunjukkan bahwa potensi desa di Kabupaten Kotawaringin Barat sangat besar sebagai destinasi wisata.

Dengan pengembangan destinasi wisata di desa-desa tersebut, diharapkan dapat menggairahkan perekonomian masyarakat setempat.

“Desa-desa diberikan kewenangan untuk mengelola potensi wisata mereka, dan dengan berinovasi, seluruh desa di Kabupaten Kotawaringin Barat diharapkan dapat mengambil manfaatnya. Potensi wisata di desa bukan hanya akan meningkatkan pendapatan desa, tetapi juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Pemanfaatan potensi desa ini menjadi langkah penting dalam memulihkan ekonomi masyarakat, terutama di tengah krisis global yang berdampak signifikan pada perekonomian. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *