Menu

Desa Wonorejo Wakili Lamandau Ikuti Lomba HATINYA PKK Tingkat Provinsi Tahun 2020

Kotawaringin News, Lamandau – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) desa Wonorejo, kecamatan Sematu Jaya, dipastikan menjadi wakil kabupaten Lamandau untuk lomba lomba Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman atau “HATINYA” PKK tingkat provinsi Kalimantan Tengah tahun 2020.

Dipastikannya PKK Desa Wonorejo mewakili kabupaten Lamandau untuk lomba tingkat provinsi itu seperti diungkapkan ketua TP PKK kabupaten Lamandau Hj Rusdianti Hendra Lesmana saat meninjau langsung persiapan PKK Desa Wonorejo, Kamis 13 Februari 2020.

Ia juga menyebut, PKK Desa Wonorejo dipastikan terpilih mewakili Lamandau setelah sebelumnya tim penilai dari TP PKK kabupaten Lamandau melakukan penilian terhadap seluruh PKK Desa se-kabupaten Lamandau.

PKK Desa Wonorejo dinilai paling siap dan layak untuk bersaing serta dianggap memenuhi berbagai indikator penilaian yang ditentukan dalam lomba HATINYA PKK tersebut.

“Pada lomba HATINYA PKK nanti ini kan ada banyak sekali indikator yang menjadi bahan penilaian, baik yang sifatnya administratif maupun nonadministratif. Adapun dari pertimbangan berbagai aspek tadu, untuk saat ini kita nilai PKK Desa Wonorejo ini cukup siap dan representatif mewakili kabupaten Lamandau,” sebut Rusdianti.

Rencananya, penilaian lomba HATINYA PKK tingkat provinsi Kalteng tahun 2020 akan berlngsung pada bulan Maret mendatang. Dengan waktu yang tersisa, Rusdianti mengaku yakin bahwa PKK Desa Wonorejo dibawah binaannya itu akan semakin siap.

“Kami dari TP PKK Kabupaten cukup intensif komunikasi bahkan terjun langsung ke lapangan, dengan harapan di sisa waktu yang ada ini berbagai hal yang kita anggap belum maksimal dapat terus dibenahi, namun secara umum PKK Desa Wonorejo sudah siap,” tegas isteri Bupati Hendra Lesmana itu.

Disebutkan juga, beberapa indikator yang dinilai pada lomba HATINYA PKK nantinya sekurangnya ada tiga aspek meliputi indikator input, proses dan output.

Selain yang sifatnya administratif, yang mendapat penilaian juga adalah sejauh mana dukungan kebijakan operasional untuk pemanfaatan halaman dan pekarangan sebagai pendukung ekonomi keluarga, termasuk persentase jumlah rumah di Desa atau Kelurahan yang memanfaatkan lahan pekarangan baik untuk lumbung hidup, warung hidup, budidaya Tanaman Obat Keluarga atau TOGA, budidaya peternakan dan juga pertanian.

“Hal yang juga akan dinilai adalah sejauhmana kerjasama pengelolaan dengan petugas penyuluhan lapangan atau PPL, termasuk tentang realisasi atas program pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman atau B2SA, keberadaan kader keserasian penataan halaman, partisipasi anggota keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan halaman dan pekarangan, dan lain-lain.” (BH)

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Seminar Beladiri Muslimah

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook