Bupati Lamandau Saksikan Pagelaran Kuda Lumping di Sematu Jaya

banner 468x60

Bayu Harisma

Kotawaringin News, Lamandau – Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana menyaksikan pagelaran kesenian kuda lumping yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Sematu Jaya, Minggu (10/2/2019) malam. Kesenian khas Jawa itu digelar dalam rangkaian acara HUT Sematu Jaya ke-14.

banner 336x280

Terlihat, selain H Hendra Lesmana, pagelaran kuda lumping tersebut juga dihadiri Dewan Kesenian Kabupaten Lamandau Edi Manto, Tokoh Masyarakat Lamandau H Abidinnor serta seribuan masyarakat.

Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana mengaku senang dapat hadir langsung bersama ribuan masyarakat Sematu Jaya yang sedang berbahagia memeringati hari jadi kecamatannya.

“Mengisi akhir pekan kali ini, tadi pagi ada acara bersama Polres di Bundaran Rusa, kemudian siang menjelang sore saya juga menghadiri undangan acara nikahan salahsatu warga di H-2 (kecamatan Menthobi Raya), kemudian setelah magrib saya datangi undangan masyarakat di SP-5 (Sematu Jaya), dan saat pulang saya sengaja kesini (halaman kantor camat Sematu Jaya) ingin lihat pertunjukan Seni Jaranan saudara-saudara kita di Sematu Jaya,” kata Hendra saat dibincangi.

Dia mengaku kagum dengan kekompakan masyarakat Sematu Jaya. Dengan mayoritas masyarakat eks transmigrasi, masyarakat Sematu Jaya dinilai telah mampu merawat dan mengembangkan berbagai khazanah budaya dan tradisinya di tengah tantangan globalisasi. Hal tersebut dinilainya merupakan kekayaan yang dimiliki Lamandau dan belum tentu dimiliki daerah lain.

Seribuan masyarakat Sematu Jaya tengah menyaksikan pagelaran kesenian kuda lumping di Halaman Kantor Kecamatan Sematu Jaya, Minggu malam (10/2/2019).

Terlihat hadir dalam acara tersebut Camat Sematu Jaya Turmudi beserta para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Sematu Jaya.

Pementasan berbagai seni tradisi termasuk Kuda Lumping ini merupakan pertunjukan yang disajikan oleh masyarakat setempat yang tergabung dalam sejumlah sanggar seni.

Perayaan HUT Sematu Jaya tahun ini berlangsung sejak sepekan lalu dengan berbagai agenda kegiatan seperti berbagai jenis pesta rakyat, pasar rakyat hingga Jambore PKK. Peringatan HUT sendiri akan resmi di tutup pada Senin (11/2/2019).

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *