Ayo Tingkatkan Produktivitas Pertanian di Lamandau

banner 468x60

Bayu Harisma

Kotawaringin News, Lamandau – Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, mengajak kepada seluruh petani yang ada di Kabupaten Lamandau untuk terus meningkatkan produktivitas pertanian.

banner 336x280

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara tanam padi bersama, di desa Sumber Cahaya, Kecamatan Belantikan Raya, Selasa (6/11).

“Mari kita terus meningkatkan produktivitas pertanian di bumi Bahaum Bakuba tercinta ini. Jangan sampai ada lahan yang tidak bermanfaat, harus kita manfaatkan semaksimal mungkin. Tentunya disertai dengan pertimbangan dampak terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Dirinya menyadari, sejak dikeluarkannya undang-undang nomor 32 Tahun 1999 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, dimana adanya larangan untuk melakukan pembakaran lahan termasuk untuk persiapan lahan pertanian, juga menjadi salah satu faktor penyebab turunnya produktifitas pertanian di Kabupaten Lamandau.

“Karena dengan adanya peraturan tersebut maka petani di wilayah Lamandau yang sebagian besar berladang biasa melakukan pembukaan lahan secara luas dengan cara membakar, kini tidak dapat lagi melakukan pembakaran lahan untuk bercocok tanam,” ujarnya.

Ditambah lagi, kata dia, masih banyaknya permasalahan substantif yang dihadapi dalam percepatan pencapaian Swasembada pangan. Misalnya, alih fungsi dan fragmentasi lahan pertanian, rusaknya infrastruktur atau jaringan irigasi, semakin berkurangnya dan mahalnya upah tenaga kerja pertanian serta kurangnya peralatan mekanisasi pertanian atau alat dan mesin pertanian (Alsintan).

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *